Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Media Komunikasi Public Relations (Studi Kuantitatif Deskriptif Opini Penerimaan Manfaat Terhadap Program CSR Lima Perusahaan di Indonesia)

Anggraini,, Choiria and Rachmat Kriyantono,, Ph.D and Maullina Pia Wulandari,, Ph.D (2018) Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Media Komunikasi Public Relations (Studi Kuantitatif Deskriptif Opini Penerimaan Manfaat Terhadap Program CSR Lima Perusahaan di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif ini berkonsentrasi untuk dapat mengetahui opini penerima manfaat atas pengimplementasian program CSR yang dilakukan oleh lima perusahaan di Indonesia yakni: (1) PT. Energasindo, PT. Sharp, PT. Pertamina, PT. Hongkong and Sanghai Banking Corporation (HSBC), PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja masing- masing perusahaan yang tersebar di beberapa kota seperti: Bekasi, Karwang, Medan, Pontianak, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Sidoarjo, dan Pangkal Pinang. Survei yang peneliti lakukan ini menggabungkan tiga skala untuk mengethaui opini komunitas terhadap program CSR yang telah digulirkan oleh beberapa perusahaan tersebut . Tiga skala indikator tersebut diantaranya yakni (1) indikator pengukuran yang telah dibuat oleh Dedy Prayogo dan Yosef Hilarius yang mencakup tentang: (a) manfaat, (b) kesesuain, (c) keberlanjutan, dan (d) dampak. (2) Indikator kedua yang digunakan peneliti untuk mengevaluasi program CSR beberapa perusahaan tersebut adalah Kanji Chopra CSR Scale yang meliputi: (1) social accountability and social investmen, (2) ethics and human resources, (3) corporate governance and economic responsibility, (4) environment protection and sustainability. (3) Selanjutnya, indikator yang digunakan adalah ISO 26000 yang membahas tentang: (1) organizational goverment, (2) the enviorment, (3) labour practice, (4) fair operating parctice, (4) human rights, (5) consumer issue, (6) community involment and development. Penelitian ini menjadi penting dilakukan untuk mengetahui opini penerima manfaat terhadap program CSR yang telah digulirkan oleh perushaan mengingat bahwa opini ini akan berimplikasi pada reputasi perusahaan oleh masyarakat secara luas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penerima manfaat memberikan opini yang baik terhadap praktik pengimplementasian CSR oleh perusahaan di Indonesia. Akan tetapi pada praktik tersebut kategori sustainability program belum mendapatkan penilaian yang baik. Merujuk pada hal tersebut, peneliti menawarkan cara mengomunikasikan hal tersebut kepada masyarakat dengan konsep community involment. Pengimplementasian community involment sebagai sebuah bentuk komunikasi aplikatif bagi public relations untuk dapat berdiolog dengan komunitas melalaui CSR

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658,408/FILKOM/c/2018/041808411
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, public relations, kuantitatif, media komunikasi, community involment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:51
Last Modified: 04 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192982
[thumbnail of Choiria Anggraini.pdf] Text
Choiria Anggraini.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item