Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Beras Organik Tani Mulyo 1 Di Kabupaten Karanganyar

Mustofa, Risma Meinawati and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP and Imaniar Ilmi Pariasa,, SP., MP., M.BA (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Beras Organik Tani Mulyo 1 Di Kabupaten Karanganyar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola hidup sehat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan setiap individu. Peningkatan kesadaran individu dalam pola hidup sehat ini, mendorong kenaikan permintaan masyarakat pada sumber pangan sehat, salah satunya beras organik. Semakin meningkatnya konsumsi beras organik, maka akan mengakibatkan peningkatan jumlah produk sejenis yang dapat memicu persaingan yang ketat pada produk beras organik. Kelompok Tani Mulyo 1 merupakan salah satu produsen beras organik di Kabupaten Karanganyar. Permasalah yang dihadapi Tani Mulyo 1 yaitu menurunnya tingkat permintaan dan persaingan dengan produk sejenis. Maka dari itu, perlu dilakukan perumusan strategi supaya produsen Beras Organik Tani Mulyo 1 di masa yag akan datang dapat berkembang serta mampu berkompetisi dengan kompetitornya. Penentuan strategi pemasaran dapat dipengaruhi oleh adanya peningkatan atribut produk, yang dijadikan sebagai pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian seperti persepsi kualitas produk, citra merek, dan harga. Penelitian ini dilakukan di Tani Mulyo 1 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Pada penelitian ini terdapat 4 variabel yaitu variabel kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga (X3), dan keputusan pembelian (Y) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan repsonden menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan data primer (wawancara dan kuesioner) dan data sekunder. Pengujian instrumen pada penelitian ini yaitu dengan uji validitas dan uji reabilitas. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Alat analisis yang digunakan yaitu software SPSS ver 25. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk Beras Organik Tani Mulyo 1. Pada variabel kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan pada variabel kualitas produk dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,123 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,123 > 2,011) maka variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dan pada variabel harga dibuktikan dengan hasil uji t yang diperoleh sebesar 2,080 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih besar dari t tabel (2,080 > 2,011) maka variabel harga berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan pada variabel citra merek didapat hasil pada uji t pada t hitung sebesar 0,938 dengan t tabel sebesar 2,011, karena t hitung lebih kecil dari t tabel (0,938 < 2,011) maka variabel citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Beras Organik Tani Mulyo 1. Variabel yang berpengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian Beras Organik Tani Mulyo 1 ialah kualitas produk. Hal ini berarti bahwa kualitas produk menjadi pertimbangan utama konsumen dalam mendorong serta mempengaruhi keputusan pembelian produk Beras Organik Tani Mulyo 1

English Abstract

A healthy lifestyle has a very important role in improving the health of each individual. Increasing individual awareness of this healthy lifestyle has encouraged an increase in public demand for healthy food sources, one of which is organic rice. The increasing consumption of organic rice will result in an increase in the number of similar products that can trigger intense competition in organic rice products. Tani Mulyo 1 is one of the organic rice producers in Karanganyar Regency. The problem faced by Tani Mulyo 1 is the decreasing level of demand and competition with similar products. Therefore, it is necessary to formulate a strategy so that Tani Mulyo 1 producers in the future can develop and be able to compete with their competitors. Determination of marketing strategy can be influenced by an increase in product attributes, which are used as consumer considerations in making purchasing decisions such as perceptions of product quality, brand image, and price. This research was conducted in Tani Mulyo 1, Mojogedang District, Karanganyar Regency. In this study, there are 4 variables, namely product quality (X1), brand image (X2), price (X3), and purchasing decisions (Y) using a quantitative approach. Selection of respondents using purposive sampling with the number of respondents as many as 50 people. This study uses primary data (interviews and questionnaires) and secondary data. The instrument testing in this research is the validity test and reliability test. The data analysis method of this research uses multiple linear regression analysis, classical assumption test, and hypothesis testing. The analytical tool used is SPSS ver 25 software. The results obtained in this study indicate that product quality, brand image, and price simultaneously (together) have a significant and positive influence on purchasing decisions for Tani Mulyo 1 Organic Rice products. Purchasing decisions, this can be proven on the product quality variable from the t test results obtained a t-count value of 2.123 with a t-table of 2.011, because t-count is greater than t-table (2.123> 2.011) then the product quality variable has a positive and significant effect and on the price variable is evidenced by the t test results obtained at 2,080 with a t table of 2,011, because t count is greater than t table (2,080 > 2,011), then the price variable has a positive and significant effect. While the brand image variable obtained results on the t test at t count of 0.938 with t table of 2.011, because t count is smaller than t table (0.938 < 2.011) then the brand image variable has no effect on purchasing decisions of Tani Mulyo 1 Organic Rice. Variable which has the highest influence on the purchasing decision of Tani Mulyo 1 Organic Rice is the quality of the product. This means that product quality is the main consideration for consumers in encouraging and influencing purchasing decisions for Tani Mulyo 1 Organic Rice products

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040129
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:21
Last Modified: 29 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192882
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Risma Meinawati Mustofa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item