Makna Pemberian Biaya Pendidikan Oleh Yayasan Berdasarkan Persepsi Badan Pengurus Harian

Pradana, Fadllilah Afiza (2019) Makna Pemberian Biaya Pendidikan Oleh Yayasan Berdasarkan Persepsi Badan Pengurus Harian. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna pemberian biaya pendidikan yang dilakukan oleh Badan Pengurus Harian Yayasan Abdi Masyarakat Madani Balikpapan dan STIE Madani Balikpapan dengan menggunakan pendekatan Hermeneutika Romantik. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif untuk memahami realita secara mendalam dengan menggunakan alat kualitatif berupa wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hermeneutika Romantik digunakan untuk memaknai “teks” yang berasal dari transkripsi hasil wawancara dengan informan, agar dapat diketahui maksud informan. Sumber data berasal dari wawancara kepada lima orang informan yang memegang peranan penting dalam struktur organisasi Yayasan Abdi Masyarakat Madani Balikpapan dan STIE Madani Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga makna pemberian biaya pendidikan. Makna pertama adalah sebagai upaya pemenuhan kebutuhan primer berupa pemenuhan tenaga dosen tetap yang terikat dalam jangka panjang. Kedua adalah upaya mendapatkan legitimasi berupa nama baik dan citra positif dari masyarakat luas. Dan ketiga adalah upaya pengembangan SDM berupa pemantauan serta pemberian arahan dari pemberi beasiswa kepada penerima beasiswa selama proses studi magister. Lingkaran makna pemberian biaya pendidikan menunjukkan adanya saling keterkaitan antara makna satu dengan makna yang lain, yang bersifat saling membangun dan saling memberikan pengaruh, sehingga ketiga makna tersebut menjadi suatu roda yang terus berputar demi kemajuan YAMM dan STIE Madani.

English Abstract

The objective of this study is to empirically describe the value of scholarship that given by Daily Governing at Yayasan Abdi Masyarakat Madani Balikpapan and STIE Madani Balikpapan using Romantic Hermeneutic perspective. This study use qualitative method because this study do not use numeric indicator for supporting the objective of this study. Interpretive Paradigmn is used for understanding the further reality by using qualitative tools such as interview, observation and details analysis. Romantic Hermeneutic is used for giving the meaningful “text” based from interviewing result and getting the informant point of view. The data resource is obtained from interviewing result 5 informants that have an important influence in Yayasan Abdi Masyarakat Madani Balikpapan and STIE Madani Balikpapan. The results of this study show 3 values of scholarship. First value is the scholarshipis used to fulfilling the basic needed. Second value is the scholarshipis used to getting legitimation.Third value is the scholarshipis used to improving the human capital quality. 3 values of scholarship make a circle, connect each other, make supportive provisioning and influencing so that the 3 values become a wheel that spinning continually for YAMM and STIE Madani goodness.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.223/PRA/m/2019/041901344
Uncontrolled Keywords: Hermeneutika Romantik, Beasiswa Dosen Tetap, Kota Balikpapan,-Romantic Hermeneutic, scholarship, Balikpapan city
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:00
Last Modified: 28 Jul 2022 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192864
[thumbnail of FADLLILLAH AFIZA PRADANA-S2 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA-NIM 16602.pdf] Text
FADLLILLAH AFIZA PRADANA-S2 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA-NIM 16602.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item