Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Di Jawa Timur Menggunakan Regresi Spasial

Rahmawati, Anisa Dian (2020) Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Di Jawa Timur Menggunakan Regresi Spasial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu pendekatan untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan manusia di suatu negara. Terdapat pola mengelompok yang ditunjukkan dengan uji Moran’s I pada IPM antar wilayah di Provinsi Jawa Timur sehingga menyebabkan ketidakmerataan persebaran IPM. Hal ini menunjukkan bahwa selain terdapat autokorelasi spasial nilai IPM antar wilayah, terdapat pula indikasi tidak konstannya ragam IPM di setiap wilayah. Pemodelan Spatial Autoregressive With Autoregressive Disturbances (SARAR) dapat digunakan untuk menangani masalah heterogenitas spasial. SARAR merupakan model spasial yang mengakomodasi ketergantungan nilai respon antar lokasi dan galat antar lokasi. Pada penelitian ini ingin dibentuk model bagi IPM di Provinsi Jawa Timur menggunakan SARAR dan menentukan variabel-variabel yang signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemodelan IPM 2016 di Provinsi Jawa Timur tidak dapat dilakukan dengan model SARAR, tetapi dapat dilakukan dengan Spatial Error Model. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IPM 2016 di Provinsi Jawa Timur berdasarkan Spatial Error Model adalah angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran perkapita yang disesuaikan. Selain itu, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tidak terjelaskan yang berinteraksi secara spasial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520090334
Uncontrolled Keywords: IPM, Autokorelasi Spasial, Heterogenitas Spasial, Spatial Error Model.,IPM, Spatial Autocorrelation, Spatial Heterogenity, Spatial Error Model.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:00
Last Modified: 27 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192753
[thumbnail of dalam masa embargo] Text (dalam masa embargo)
0520090334- Anisa Dian Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item