Produksi Induk Sapi Pedaging Berdasarkan Natural Increase Dan Calf Crop Di Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri

Harjani, Adidya Syifa Wahyu and Dr. Ir. Kuswati, MS., IPM., ASEAN Eng (2022) Produksi Induk Sapi Pedaging Berdasarkan Natural Increase Dan Calf Crop Di Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi daging sapi di Indonesia belum memenuhi kecukupan terhadap kebutuhan konsumsi daging sapi sehingga perlu adanya peningkatan produksi sapi pedaging. Peningkatan produksi salah satunya dicukupi dengan melakukan impor sapi bakalan. Impor bakalan diupayakan untuk dikurangi dengan jalan peningkatan natural increase dan calf crop. Kabupaten Wonogiri merupakan peringkat ketiga dengan jumlah populasi sapi pedaging tertinggi di Jawa Tengah dengan total populasi 160.410 ekor sehingga dilakukan evaluasi natural increase dan calf crop. Natural increase adalah pertambahan populasi secara alami yang dihitung setiap tahunnya pada suatu wilayah tertentu sedangkan calf crop merupakan persentase panen pedet pada suatu wilayah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji produksi induk sapi pedaging berdasarkan aspek natural increase dan calf crop didukung dengan penilaian karakteristik kualitatif dan kuantitatif bangsa sapi Simmental dan bangsa sapi Limousin di Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilakukan pada 22 Februari sampai 24 Maret 2021 di Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Penentuan lokasi secara purpose sampling dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pemilihan lokasi penelitian berdasarkan desa dengan populasi tertinggi di Kecamatan Pracimantoro, dengan pengambilan sampel secara insidental. Materi penelitian adalah 356 ekor sapi pedaging dengan kepemilikan 150 orang peternak rakyat. Variabel produksi yang diamati antara lain persentase kelahiran, persentase kematian, struktur populasi, calf crop, natural increase dan karakteristik kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakuakan secara deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur populasi di wilayah penelitian pada bangsa sapi Simmental dan Limousin. Komposisi induk terhadap populasi yaitu sejumlah 59,27%, persentase kelahiran terhadap populasi adalah 34,27%, persentase kematian terhadap populasi 1,97%, Persentase calf crop sejumlah 54,50%, natural increase 32,30%. Persentase natural increase tersebut termasuk pada kategori rendah apabila dibandingakan dengan Permentan No. 46/Permentan/PK.210/8/2015 dan nilai calf crop diatas rata-rata No.19/Permentan/OT.140/2/2010. Pengukuran karakteristik kuantitatif dan kualitatif menunjukkan persentase sapi betina yang memiliki ukuran memenuhi 7651-9 (2020) dan SNI 7651-8 (2020) yaitu 38% (21 ekor) dari total populasi betina yang diukur sejumlah (55 ekor). Natural increase dan calf crop di Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dapat ditingkatkan dengan mempertahankan betina dewasa produktif dan memperhatikan manajemen pakan dan pemeliharaan induk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050178
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:36
Last Modified: 26 Jul 2022 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192737
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adidya Syifa Wahyu Harjani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item