Hubungan Kompetisi, Meniru, Komitmen dan Penenang terhadap Konsumsi Rokok (Studi Pada Mahasiswa D3 dan S1 Universitas Brawijaya)

Fadhilah, Muhammad and Ari Irawan, SE., MM (2020) Hubungan Kompetisi, Meniru, Komitmen dan Penenang terhadap Konsumsi Rokok (Studi Pada Mahasiswa D3 dan S1 Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan bahwa Motif Kelompok Pertemanan dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara simultan berpengaruh dengan Konsumsi Rokok (Y); serta 2) Mengetahui dan menjelaskan bahwa Motivasi Belanja Hedonis dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara parsial berpengaruh terhadap Konsumsi Rokok (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari 4 variabel, yaitu Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) sedangkan variabel terikatnya terdiri dari 1 variabel, yaitu Konsumsi Rokok (Y). Sampel penelitian ini sebanyak 116 orang responden mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang dalam lingkungan pertemanan yang merupakan perokok aktif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara pengambilan sampe menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada responden yang telah memenuhi kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motif Kelompok Pertemanan dengan variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Komitmen (X3), dan Penenang (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y). Kemudian, masing-masing variabel Kompetisi (X1), Meniru (X2), Penenang (X4) secara parsial turut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Konsumsi Rokok (Y). Sedangkan variabel Komitmen (X3) secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap Konsumsi Rokok (Y)

English Abstract

This research aims to: 1) Knowing and explaining that Friendship Group Motives with Competition (X1), Copying (X2), Commitments (X3), and Winding Down (X4) simultaneously affect Cigarette Consumption (Y); and 2) Knowing and explaining that Friendship Group Motives with Competition (X1), Copying (X2), Commitments (X3), and Winding Down (X4) partially influence towards Cigarette Consumption (Y). This research used explanatory research with a quantitative approach. The independent variables in this study consisted of 4 variables, namely Competition (X1), Copying (X2), Commitments (X3), and Winding Down (X6) while the dependent variable consisted of 1 variable, namely Cigarette Consumption (Y). The sample of this study was 116 student respondents at Universitas Brawijaya Malang in a friendship group which is an active smoker. The sampling technique used is non probability sampling by means of sampling until using purposive sampling. The research data collection was carried out through distributing questionnaires online to respondents who met the criteria. The data analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that Friendship Group Motives that consist Competition (X1), Copying (X2), Commitments (X3), and Winding Down (X4) simultaneously have positive effect and significant to Cigarette Consumption (Y). Then, each variable Competition (X1), Copying (X2), and Winding Down (X4) partially also had a positive and significant effect on Cigarrete Consumption (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030150
Uncontrolled Keywords: Motif Kelompok Pertemanan, Konsumsi Rokok, Kompetisi, Meniru, Komitmen, Penenang, Friendship Group Motives, Cigarette Consumption, Competition, Copying, Commitments, Winding Down.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:36
Last Modified: 03 Oct 2024 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192736
[thumbnail of Muhammad Fadhilah.pdf] Text
Muhammad Fadhilah.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item