Yuniar, Mediana Rofika and Reza Safitri,, S.Sos., M.Si., Ph.D (2021) Korelasi Antara Tingkat Keterdedahan Pesan pada Akun Instagram @paktanidigital dengan Pembentukan Persepsi terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan yang dialami sektor pertanian Indonesia sangat beragam. Mulai dari penurunan kualitas lingkungan, impor produk pangan yang meroket, hingga kurangnya minat bekerja di sektor pertanian. Kurangnya minat bekerja di sektor pertanian ini dibarengi dengan bertambahnya usia petani Indonesia. Sehingga membuat pekerja di sektor pertanian didominasi oleh usia di atas 40 tahun. Tiga tahun berturut-turut, jumlah pekerja bebas pertanian semakin berkurang. Pada tahun 2017 sebanyak 5.848.256 pekerja, tahun 2018 menurun menjadi 5.205.749 dan tahun 2019 menurun kembali menjadi 5.190.593. Kurangnya minat seseorang untuk bekerja di sektor pertanian didasari oleh buruknya persepsi mereka terhadap pekerjaan ini. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Budiati (2014) menyebutkan bahwa persepsi buruk terhadap pekerjaan di sektor pertanian menjadikan banyak pencari kerja memutuskan untuk bekerja di sektor non-pertanian. Minat untuk bekerja di sektor pertanian dapat ditumbuhkan apabila persepsi pekerjaan di sektor pertanian bersifat positif. Cara membuat persepsi masyarakat menjadi positif dilakukan dengan memberikan stimulus mengenai pekerjaan di sektor pertanian yang bersifat positif pula. Pemberian stimulus tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yaitu melalui penggunaan sosial media Instagram. Khususnya akun Instagram @paktanidigital yang kontennya berisikan pencitraan sektor pertanian di Indonesia. Peneliti merasa bahwa pesan yang dikirimkan akun Instagram @paktanidigital melalui konten yang dikirimnya mampu membentuk persepsi baik terhadap pekerjaan di sektor pertanian oleh pengikutnya. Akun Instagram @paktanidigital ini sendiri berisikan berbagai informasi yang berkaitan dengan sektor pertanian. Beberapa di antaranya yaitu tips dan trik dalam berbudidaya, berita pertanian terbaru, pesan motivasi agar masyarakat mulai bertani, hingga harga terbaru komoditas pertanian di berbagai wilayah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: a). Mendeskripsikan karakteristik pengikut akun Instagram @paktanidigital. b). Menganalisis tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital. c). Menganalisis hubungan antara tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital dengan persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. d). Mendeskripsikan proses terbentuknya persepsi pengikut akun Instagram terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Jenis dan desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode analisa berupa analisis deskriptif dan analisis korelasi Rank Spearman yang dibantu menggunakan aplikasi SPSS. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik pengikut akun Instagram @paktanidigital dan proses terbentuknya persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Sedangkan metode analisis Rank Spearman digunakan untuk menganalisa hubungan antara tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram ii @paktanidigital (X) dengan pembentukan persepsi terhadap pekerjaan di sektor pertanian (Y). Penelitian ini dilakukan dengan menjadikan pengikut akun Instagram @paktanidigital sebagai responden. Sebanyak 100 pengikut akun Instagram @paktanidigital telah mengisi kuesioner yang disebarkan peneliti melalui fitur direct message. Responden tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut: 1). Mayoritas pengikut akun Instagram @paktanidigital ialah berusia 17 – 25 tahun. 2). Jenis kelamin pengikut akun Instagram @paktanidigital seimbang antara laki- laki dan perempuan. 3). Rata-rata pengikut akun Instagram @paktanidigital memiliki tingkat pendidikan terakhir yang cukup tinggi. 4). Dari 55 responden yang telah bekerja, 35 di antaranya bekerja pada sektor non-pertanian dan 20 lainnya bekerja di sektor pertanian. Tingkat keterdedahan pesan yang dimiliki oleh akun Instagram @paktanidigital dikategorikan cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi konten yang dilihat oleh pengikut akun Instagram @paktanidigital berada pada kategori sedang. Begitu pula tingkat akun Instagram @paktanidigital dalam memberikan timbal balik. Sedangkan pengikut akun Instagram @paktanidigital menilai bahwa daya tarik dan kejelasan informasi yang diberikan akun Instagram @paktanidigital melalui kontennya ialah baik. Sehingga tingkatannya pada keterdedahan berada pada kategori tinggi. Melalui analisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman, tingkat keterdedahan pesan pada akun Instagram @paktanidigital memiliki korelasi yang cukup signifikan dan searah terhadap pembentukan persepsi pengikutnya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Tiga tahap pembentukan persepsi pengikut akun Instagram @paktanidigital. Tahap pertama yaitu tahap penerimaan stimulus, ke-dua adalah tahap pengertian stimulus dan terakhir adalah tahap penilaian stimulus. Ketiga tahap dalam penelitian ini dilakukan dengan baik oleh pengikut akun Instagram @paktanidigital. Apabila dihubungkan dengan teori SOR, pesan yang diberikan oleh akun Instagram @paktanidigital cukup mempengaruhi pengikutnya dengan baik dalam pembentukan persepsinya terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Stimulus berupa pesan pada konten akun Instagram @paktanidigital yang diberikan kepada organisme dalam hal ini pengikut akun Instagram @paktanidigital menimbulkan sebuah respon berupa persepsi terhadap pekerjaan di sektor pertanian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan beberapa saran yang dapat diaplikasikan oleh beberapa pihak. Saran pertama ialah untuk pengguna sosial media, baik pengirim maupun penerima pesan melalui konten di Instagram untuk memilah informasi yang akan dikirim maupun diterima. Hal ini dikarenakan pesan pada konten tersebut mampu mempengaruhi respon penerimanya. Adanya pengaruh tersebut mengharuskan akun Instagram @paktanidigital tetap memberikan informasi yang bermanfaat menggunakan pesan yang baik dan efektif. Selain itu, pengelola akun Instagram @paktanidigital juga diharapkan bisa meningkatkan hubungan timbal balik kepada pengikutnya.
English Abstract
The Indonesian agriculture problems are very diverse. Such as a decreased of agricultural environmental quality and so the quantity, high import of food products, until the lack of interest in agricultural works. Those problems accompanied by the age increased of farmers and made an agricultural worker dominated by over 40 years old farmer. The number of agricultural worker in 2017 were 5.848.256 workers, in 2018 it fell to 5.205.749 workers, then in 2019 it fell again to 5.190.593 workers. The lack of the interest of agricultural job is based on a bad perception about the job. Previous research conducted by Budiati (2014) stated that a poor perception of employment in the agricultural sector made many job seekers decide to work in the non-agricultural sector. The interest of choosing an agricultural job can be grown if the perception of agricultural job is good. To create a good perception of agricultural job, a positive stimulus about agricultural job can be provided. The provision of it can be done through the use of social media, in this case is Instagram. There is an Instagram account named @paktanidigital and the content is about imaging the agricultural sector in Indonesia. The researcher feels that the messages sent by @paktanidigital Instagram account are able to form a good perception of work in the agricultural sector. The content of @paktanidigital Instagram account is about various information rerelated to the agricultural sector. Some of them are the tips and trick of cultivation, the latest agriculturel news, motivational messages for people to start farming, and so the latest prices of agricultural product. This study aims to: a). Describing the characteristics of @paktanidigital’s followers. b). Analyzing the level of message exposure on the @paktanidigital Instagram account. c). Analyzing the relationship between the level of exposure with their perception about agricultural job. d). Describing the process of forming the perception of its followers about agricultural job. The type and the research design used is quantitative research with analytical methods in the form of descriptive analysis assisted using the SPSS application. Descriptive analysis method is used to describe the characteristics of its followers and the process of forming the perception about agricultural job. While the analytical method is used to analyze the relationship between the level of exposure of messages on @paktanidigital Instagram account (X) and the formation of @paktanidigital’s follower perception about agricultural job (Y). This research was conducted by making the tfollowers of the @paktanidigital Instagram account as a respondent. The total of the responden are 100 account that have filled out the questionnaires. The questionnaires distributed through direct message. These respondents have the following characteristics: 1). The majority of @paktanidigital’s follower are 17 – 25 years old. 2). The gender, male and female, of its followers are balance. 3). The average @paktanidigital’s followers has a fairly high level of education. 4). Of the 55 respondents who have iv a job, 35 of them work in non-agricultural sector and 20 elses work in agricultural sector. The level of messages exposure by @paktanidigital Instagram account is categorized as quite high. The result showed that the frequency of content viewed by its followers was in the medium category. And so the level of the @paktanidigital Instagram account in providing feedback. Meanwhile, @paktanidigital’s followers considered that the appeal and the clarity of information that provided by @paktanidigital Instagram account through its content was good. So that the level of exposure is in the high category. Through the analysis using Spearman Rank correlation test, the level of exposure of @paktanidigital’s messages has a significant correlation in the same direction with the formation of @paktanidigital’s followers about agricultural job. Three stages of forming the perception of @paktanidigital’s followers. The first stage is the stimulus acceptance stage, the second is the stimulus understanding stage and the last is the stimulus avaluation stage. The three stages in this research were well carried by @paktanidigital’s followers. If it related to the SOR theory, the message given by @paktanidigital Instagram account is enough influence to shaping @paktanidigital’s followers perception about agricultural job. stimulus in the form of messages on the content of @paktanidigital Instagram account given to organisms in this case is the @paktanidigital’s followers raises a response in the form of perceptions of agricultural job. Based on the result of this research, the author recommen several suggestions that can be applied by several parties. The first suggestion is for social media users, both sender and recipient of messages through the content on Instagram to sort the information to be sent or received. This is because the message in the content is able to affect the response of the recipient. The existence of this influence requires the @paktanidigital Instagram account to continue provide an useful information using a good and effective message. In addition, the administrator of the @paktanidigital Instagram account expexted to increase the reciprocal relationship with its followers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040237 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192691 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MEDIANA ROFIKA YUNIAR.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |