Evaluasi Program Gerakan Lansia Sehat Tindak ke Rumah (Gelas Timah) pada Pelayanan Kesehatan Lansia Kabupaten Trenggalek (Studi pada Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Trenggalek)

Triagelia, Meisa Yuki and Dr. Fadillah Amin, M.AP., Ph.D and I Gede Eko Putra Sri Sentanu, M.AP., Ph.D Evaluasi Program Gerakan Lansia Sehat Tindak ke Rumah (Gelas Timah) pada Pelayanan Kesehatan Lansia Kabupaten Trenggalek (Studi pada Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

vii RINGKASAN Meisa Yuki Triagelia, 2020, Evaluasi Program Gerakan Lansia Sehat Tindak ke Rumah (Gelas Timah) pada Pelayanan Kesehatan Lansia Kabupaten Trenggalek (Studi pada Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Trenggalek)Dr. Fadillah Amin., M.AP., Ph.D, I Gede Eko Putra Sri Sentanu., M.AP., Ph.D 106 + xiv Program gelas timah merupakan kegiatan home care, program ini berjalan dari tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi program gelas timah. Home Care Lansia adalah suatu bentuk pelayanan komprehensif yang bertujuan memandirikan lansia dan keluarganya yang diberikan di rumah sehat lansia, dengan melibatkan lansia dan keluarganya sebagai subyek untuk ikut berpartisipasi merencanakan kegiatan perawatan dan dilakukan dalam bentuk tim. Topik penelitian ini diangkat karena lansia di Trenggalek membutuhkan perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles dan Huberman. Pada hasil penelitian ini, memberikan fakta bahwa program gelas timah sudah melayani lansia dengan baik. Namun, ada beberapa tujuan yang belum tercapai sehingga program gelas timah belum bisa diktakan berhasil secara keseluruhan dan memerlukan sebuah evaluasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program gelas timah berdampak cukup baik bagi lansia, namun ada beberapa tujuan yang harus dicapai. Dalam evaluasi program gelas timah, masih belum terpenuhinya kebutuhan obat untuk lansia sehingga lansia harus datang ke Puskesmas untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pada program gelas timah, lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Trenggalek belum terkunjungi semua karena kurangnya petugas medis. Namun, dampak baik bagi lansia yang sudah dikunjungi adalah kesehatan lansia yang cukup meningkat dengan adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh tim program gelas timah. Selain melakukan pemeriksaan untuk lansia, tim program gelas timah juga akan memberikan konseling untuk keluarga lansia agar lansia tetap terjaga asupan gizi dan kebersihannya. Dalam proses pelaksanaan program gelas timah tentu memiliki faktor pendukung dan penghambat. Yang menjadi faktor pendukung progam gelas timah adalah Puskesmas Trenggalek, sumber dana, tokoh masyarakat dan partisipasi masyarakat. Kemudian yang menjadi faktor penghambat adalah saranan dan prasarana, jumlah petugas medis, dan partisipasi masyarakat yang tidak mendukung program gelas timah.

English Abstract

The gelas timah program is a home care activity, this program runs from 2016. The purpose of this study is to analyze and evaluate the gelas timah program. Elderly Home Care is a form of comprehensive service that aims to help the elderly and their families be provided at the healthy home of the elderly, by involving the elderly and their families as subjects to participate in planning care activities and carried out in team form. This research topic was raised because the elderly in Trenggalek need special attention to improve their quality of life. This study uses the CIPP model evaluation theory developed by Stufflebeam. The method used in this research is qualitative with a description approach. Data analysis techniques used in this study are the Miles and Huberman models. The results of this study, provide the fact that the gelas timah program has served the elderly well. However, there are a number of goals that have not been achieved so that the gelas timah program cannot be said to have succeeded as a whole. The conclusion obtained in this study is that the implementation of the gelas timah program has a pretty good impact on the elderly, but there are several objectives that must be achieved. In the evaluation of the gelas timah program, the need for medicine for the elderly has not been met, so the elderly must come to the Puskesmas for consultation with their doctor. In the gelas timah program, the elderly who are in the work area of the Trenggalek Community Health Center have not been visited because of the lack of medical staff. However, the good impact for the elderly who have been visited is the health of the elderly which is quite improved with the examination conducted by the gelas timah program team. In addition to conducting examinations for the elderly, the lead glass program team will also provide counseling for elderly families so that the elderly can stay awake in nutrition and hygiene. In the process of implementing the gelas timah program, it certainly has supporting and inhibiting factors. The supporting factors for the tin glass program are the Trenggalek Health Center, sources of funds, community leaders and community participation. Then the inhibiting factors are the facilities and infrastructure, the number of medical personnel, and community participation that does not support the gelas timah program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030138
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PROGRAM; GELAS TIMAH; KESEHATAN LANSIA; PELAYANAN; CIPP, EVALUATION OF THE PROGRAM; GELAS TIMAH; ELDERLY HEALTH; SERVICE; CIPP.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:31
Last Modified: 11 Dec 2023 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192644
[thumbnail of 0520030138- Meisa Yuki Triagelia.pdf] Text
0520030138- Meisa Yuki Triagelia.pdf

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item