Pengaruh Suhu dan Lama Waktu Thawing Terhadap Kualitas dan Status Kapasitasi Spermatozoa Semen Beku Sapi Bali dan Sapi Madura

Safitri, Brilla Ismaya and Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, MS., IPU., ASEAN Eng and Prof. Dr. Ir. Sri Wahjuningsih, M.Si. (2022) Pengaruh Suhu dan Lama Waktu Thawing Terhadap Kualitas dan Status Kapasitasi Spermatozoa Semen Beku Sapi Bali dan Sapi Madura. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, selama 1 bulan (Agustus 2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama thawing terhadap kualitas semen beku sapi Bali dan Madura. Materi yang digunakan adalah 80 straw semen beku sapi Bali dan sapi Madura yang diproduksi oleh BBIB Singosari. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan empat perlakuan dan 10 ulangan yaitu thawing dalam air suhu 37℃ durasi 30 detik, 28℃ durasi 30 detik, 28℃ durasi 45 detik dan 28℃ durasi 60 detik. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah kualitas spermatozoa yaitu motilitas, viabilitas, abnormalitas, total spermatozoa motil, status kapasitasi tudung akrosom utuh, membran plasma utuh dan kerusakan kromatin. Data dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dengan ulangan sebagai blok, kemudian motilitas dan total spermatozoa motil dianalisis Chi Square. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa thawing pada air bersuhu 28℃ berdurasi 45 detik memberikan pengaruh beda sangat nyata terhadap motilitas (P<0,01); Viabilitas, total spermatozoa motil, spermatozoa belum kapasitasi, tudung akrosom utuh dan membran plasma utuh berpengaruh nyata (P<0,05). Abnormalitas tertinggi pada perlakuan dengan suhu thawing 28℃ dengan durasi 30 detik. Selanjutnya untuk spermatozoa acrosom reacted dan kerusakan kromatin tidak memberikan pengaruh nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik thawing memberikan pengaruh terhadap motilitas, viabilitas, abnormalitas, total spermatozoa motil, spermatozoa belum kapasitasi, tudung akrosom utuh dan membran plasma utuh pada spermatozoa semen beku sapi Bali dan sapi Madura sedangkan thawing tidak memengaruhi spermatozoa acrosom reacted dan kerusakan kromatin. Thawing terbaik yaitu menggunakan air bersuhu 28℃ dengan durasi 45 detik. Disarankan untuk memperoleh kualitas spermatozoa semen beku post thawing optimal, sebaiknya teknik thawing menggunakan air bersuhu 28℃ dengan durasi 45 detik.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422050011
Uncontrolled Keywords: kualitas semen, thawing, keutuhan membran plasma, tudung akrosom utuh, kerusakan kromatin.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:04
Last Modified: 25 Jul 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192630
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BRILLA ISMAYA SAFITRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item