Islami, Iqi and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP., MBA (2022) Pengaruh Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Benih Jagung Hibrida Pioneer di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya produksi dan konsumsi jagung membuat banyak petani mengusahakan lahan pertaniannya untuk bercocok tanam komoditas jagung. Benih jagung hibrida sebagai salah satu benih jagung yang dipilih oleh petani karena memiliki keunggulan potensi hasil yang lebih tinggi daripada jagung lokal atau jagung turunan. Disisi lain, permasalahan yang dihadapi sebagian besar petani yaitu banyaknya merek jagung hibrida yang yang beredar di pasaran menyulitkan petani untuk memilih memutuskan pembelian produk benih jagung. Potensi penjualan jagung hibrida di Indonesia membuat banyak produsen benih jagung saling bersaing untuk meningkatkan produksinya, salah satunya yaitu PT. DuPont Indonesia dengan nama merek Pioneer. Ada beberapa faktor yang membuat petani memutuskan pembelian produk diantaranya yaitu adanya produk dan harga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap kepuasan konsumen benih jagung hibrida Pioneer. Penelitian dilakukan di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, daerah tersebut merupakan daerah dengan penggunaan jagung hibrida yang tinggi dan juga merupakan kecamatan yang memiliki jumlah kios pertanian paling banyak di Kabupaten Jember. Kegiatan penelitian dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan Maret hingga April 2019. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel keputusan konsumen tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel keputusan pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention, variabel repurchase intention memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh produk dan harga terhadap kepuasan pembelian dilihat dari nilai signifikansi <0.05 yaitu pengaruh produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0.003, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sebesar 0.005, pengaruh Keputusan pembelian terhadap repurchase intention sebesar 0.000 dan pengaruh repurchase intention terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.000.
English Abstract
The rapid production and consumption of corn prompt the farmers to plant corn seeds. Hybrid seeds are favorable as they are more potentially lucrative than the local ones. Nevertheless, most farmers are distracted with the abundant brands of hybrid corn seeds, confusing their decision to purchase the seeds. The prospect of hybrid corn sale in Indonesia brings the producers to go in for improving productivity, one of them being PT. DuPont Indonesia, through their flagship product, Pioneer. Product and price are two factors determining the purchase decision of farmers. This study aims to discover the effect of product and price towards the consumers‟ satisfaction of „Pioneer‟ hybrid corn seeds in the Wuluhan District, Jember Regency, where hybrid corn consumption is high and the farming kiosks are widely distributed within Jember Regency. The research was conducted in two months, from March to April 2019. Quantitative approach is used with non- probability sampling, i.e. purposive sampling. Data were gathered by way of interview, questionnaire, observation, and documentation. Moreover, the data were analyzed descriptively and quantitatively through Partial Least Square (PLS). The result reveals that variables of product and price positively and significantly affect purchase decision; variable of consumers‟ decision does not positively and significantly affect consumers‟ satisfaction; variable of purchase decision significantly affects repurchase intention; and variable of repurchase intention positively and significantly affects consumers‟ satisfaction. The effects of product and price can be seen from significance amount of <0.05. To be more specific, the effect of product towards the purchase decision is measured at 0.003; price towards purchase decision at 0.005; purchase decision towards repurchase intention at 0.000; and repurchase intention towards consumers‟ satisfaction at 0.000.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040113 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192620 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
IQI ISLAMI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |