Pengaruh Pemberian Limbah Kulit Kopi Tomat Afkir Dan Kol Terhadap Pertumbuhan Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia Illucens)

Sembiring, Fidelia Juniarti and Prof. Dr. Ir. Mochammad Junus, MS (2022) Pengaruh Pemberian Limbah Kulit Kopi Tomat Afkir Dan Kol Terhadap Pertumbuhan Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia Illucens). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu permasalahan yang paling sering kita hadapi di dunia peternakan adalah terkait bahan bahan pakan sumber protein yang merupakan salah satu bahan pakan yang paling dibutuhkan oleh ternak yang dipelihara, karena mahalnya sumber protein maka peternakan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan protein ternak sehingga sekarang muncul sumber protein alternatif yang bisa menekan biaya produksi dan memiliki kualitas yang setara. Dalam proses produksinya, baik peternak, pertanian maupun limbah industri yang terbuang sia-sia kini dapat digunakan sebagai pakan larva lalat tentara hitam sehingga tidak mencemari lingkungan dan memiliki nilai guna. Salah satu limbah peternakan yang dapat digunakan adalah kotoran ayam dan untuk limbah pertanian yang dapat digunakan seperti limbah buah, dan sayur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan lalat tentara hitam dengan pemberian media pakan limbah kulit kopi dan tomat. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menyediakan bahan pakan alternatif untuk ternak berupa larva lalat tentara hitam dan mampu memanfaatkan limbah pertanian dan limbah peternakan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah larva lalat tentara hitam usia 2 hari seberat 200 gram yang ditampung di masing-masing bak pemeliharaan dengan perlakuan dan ulangan yang berbeda beda. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode percobaan rancangan acak lengkap dengan menggunakan 4 perlakuan sebagai berikut: P0: 100 % Limbah Sayuran P1: 100 % Limbah kulit kopi, P2: 100 % Tomat afkir , P3: 33.3 % limbah sayuran + 33.3% Limbah Kulit Kopi + 33.3% Tomat Afkir. Sedangkan variabel yang diamati adalah pertambahan bobot badan larva. Daya cerna larva lalat tentara hitam, FCR larva lalat tentara hitam. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan limbah kulit kopi dan tomat afkir serta limbah kol sebagai media pertumbuhan larva lalat tentara hitam memberikan pengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan larva lalat tentara hitam. Hasil rataan terbaik dari penggunaan limbah pertanian/ limbah peternakan adalah limbah tomat afkir. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya peternak dapat memanfaatkan peluang dengan membudidayakan BSF yang bertujuan untuk menjadi pakan alternative bagi ternak dikarenakan nilai gizinya yang tinggi dapat memengaruhi produktivitas ternak tersebut. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi dengan pemberian media pakan nabati dan hewani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050133
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:09
Last Modified: 22 Jul 2022 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192539
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fidelia Juniarti Sembiring.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item