Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Outlet Geprek Bensu Di Kawi Malang

BR. Sinuraya, kklesia and Dr.Ir.Umi Wisaptiningsih Suwandi, MS (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Outlet Geprek Bensu Di Kawi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan pembelian sebuah produk. Sehingga perusahaan fokus terhadap harga produk yang terjangkau, kualitas makanan yang bersih dan enak, kualitas pelayanan yang baik, promosi yang menarik, dan lokasi yang strategis. Kepuasan konsumen merupakan salah satu indikator dari keberhasilan suatu perusahaan. Perusahaan yang bergerak di bidang fast food dengan brand pasar “GEPREK BENSU” merupakan olahan ayam yang diolah secara higienis dengan harga yang terjangkau. Pengembangan konsep yang ditawarkan berbeda dengan perusahaan lain yang dimana dapat di bedakan dari segi rasa, penyajian, kemasan, merk maupun logo yang dipakai perusahaan. Geprek Bensu menyediakan fasilitas yaitu makan ditempat (dine in) maupun di bawa pulang (take away). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui profil konsumen pada Geprek Bensu dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruh keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian yang terdiri dari harga, kualitas makanan, pelayanan, promosi dan lokasi yang menggunakan PLS SEM vi di Geprek Bensu. Penelitian yang dilakukan di Geprek Bensu yang berlokasi di Jl. Panderman No.2a Kec. Klojen, Malang , East Java 65115. Pada tanggal 04-28 April 2021. Objek dari penelitian ini ialah menggunakan konsumen dari Geprek Bensu dengan 100 responden dalam satu lokasi. Metode analisis dilakukan dengan analisis Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Ssquere (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yang berupa Teknik yang menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa adanya hubungan antara promosi dengan keputusan pembelian ialah signifikan dengan nilai T-Statistics sebesar 3,190 maka dapat dikatakan bahwa promo merupakan indikator yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan menggunakan pablik figure untuk promosi, menggunakan media sosial dan melakukan promo yang menarik merupakan alasan konsumen dalam memilih produk. Harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp.14.000 konsumen sudah dapat menikmati ayam Geprek Bensu. Untuk menu favorit pelanggan ialah paket nasi sambal original yang memiliki tingkat level yaitu mulai dari lavel 0-10. Hubungan antara pelayanan dan keputusan pembelian ialah tidak signifikan dengan nilai T-Statistics sebesar 0,920 faktor dari pelayanan tidak dapat menjamin keputusan pembelian walaupun kebersihan dalam bekerja, keramahan pekerja, kecepatan dalam bekerja, kenyamanan dan keamanan pelanggan yang tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Konsumen dari Geprek Bensu didominasi oleh perempuan yang berusia 21-25 tahun, dengan Pendidikan terakhir ialah SMA yang vii merupakan pelajar/mahasiswa dengan penghasilan perbulannya ialah dibawah satu juta. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen terhadap Geprek Bensu karena adannya promosi yang menarik, lokasi yang strategis dan kualitas makanan yang baik sehingga menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap Geprek Bensu. Berdasarkan penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran ialah diharapkan karya tulis ini dapat dilakukan kembali dan dijadikan acuan untuk melakukan penelitian serupa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan Diharapkan Geprek Bensu dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanannya dan memiliki catatan yang akurat untuk menu favorit dalam produk Geprek Bensu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:45
Last Modified: 21 Jul 2022 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192432
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
kklesia BR. Sinuraya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item