Analisis Peran Ganda Pada Perempuan Terdidik Dalam Perspektif Sosial - Ekonomi Dan Etnis Di Indonesia

Shantika, Fadhillah (2019) Analisis Peran Ganda Pada Perempuan Terdidik Dalam Perspektif Sosial - Ekonomi Dan Etnis Di Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan bagi perempuan telah menduduki prioritas utama di antara berbagai langkah yang diambil untuk meningkatkan status peran perempuan. Namun, perempuan terdidik di Indonesia seringkali dihadapkan pada keadaan dimana mereka harus memilih antara peran tradisi (domestik sphere) dan peran transisi (public sphere). Dengan menggunakan data IFLS waves-5 Tahun 2015 dengan jumlah sample responden mencapai 18.831 individu di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan karakteristik sosial (usia, status kawin, tingkat pendidikan), karakteristik ekonomi (tanggungan anak dan kondisi ekonomi rumah tangga) dan karakteristik etnis yang didominasi oleh perempuan terdidik di Indonesia (Jawa, Sunda, Minang, Batak, Bali, Betawi,dan Sasak) terhadap keputusan perempuan terdidik di Indonesia sebagai angkatan kerja (public sphere) atau yang tergolong bukan angkatan kerja (domestik sphere). Data dianalisis menggunakan metode regresi binary logistic. Hasil menunjukan bahwa perempuan terdidik di Indonesia yang tergolong usia produktif (15-64 tahun), perempuan dengan tingkat pendidikan tinggi khususnya Perguruan Tinggi, perempuan terdidik yang memiliki anak dibawah 15 tahun dan perempuan terdidik yang berada pada kondisi ekonomi rumah tangga yang cukup memiliki kecenderungan untuk masuk ke pasar kerja dan tergolong sebagai angkatan kerja (Public Sphere). Sedangkan perempuan terdidik yang telah berstatus menikah cenderung untuk mengurus rumah tangga (Domestic Sphere). Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa perempuan terdidik Etnis Batak dan etnis Bali tergolong sebagai perempuan yang paling besar memiliki kecenderungan untuk berpartisipasi kedalam pasar kerja atau atau tergolong sebagai angkatan kerja di Indonesia (Public Sphere).

English Abstract

Education for women has been prioritized to improve their status of women's roles. Educated women in Indonesia often have to choose between the traditional role (domestic sphere) and transitional role (public sphere). Using IFLS5 with a sample of 18,831 respondents, the data were analyzed using binary logistic regression method. This study aims to analyse the influence of trends in social characteristics (age, marital status, higher education level), economic characteristics (dependents of children under 15 years old and family’s economic conditions) and ethnical characteristics in that Indonesian ethnicities that are dominated by educated women in Indonesia (Javanese, Sundanese, Minang, Batak, Balinese, Betawi, and Sasak) on the role of educated women in Indonesia. The results show that women who are in productive age, women with higher education levels, women with dependents of children under 15 years old and women in families with adequate household conditions tend to to choose public sphere. While educated women who are married have a tendency as housewives (domestic spheres). The tendency of women with university education background tend to be 68% higher for work participation. In addition, the results show that educated women from Batak and Balinese have the greatest tendency to enter the labor market (public sphere) of all other ethnicities in Indonesia.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.822/SHA/a/2019/041901734
Uncontrolled Keywords: Perempuan Terdidik, Peran Ganda Perempuan, Binary Logistic *Educated Woman, Double Burden, Ethnicity, Binary Logistic
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.8 Students > 371.82 Specific groups of students; schools for specific groups of students
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:12
Last Modified: 19 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192334
[thumbnail of Thesis Fadhillah S..pdf] Text
Thesis Fadhillah S..pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item