Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sayuran Organik Di Kota Malang (Studi Di Transmart Dan Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm)

Anggina., Dikha and Rachman Hartono, SP., MP. (2022) Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sayuran Organik Di Kota Malang (Studi Di Transmart Dan Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program “Go Organik 2010” memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu hidup masyarakat dan kelestarian lingkungan dengan mendorong berkembangnya pertanian organik yang berdaya saing dan berkelanjutan. Pemerintah kota Malang telah menerapkan sistem pertanian organik agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm merupakan produsen sayuran organik di Malang dan salah satu pesaingnya adalah retail modern Supermarket Transmart. Masyarakat sebagai konsumen yang memiliki pilihan untuk menentukan produk untuk dikonsumsi. Konsumen memiliki beberapa pertimbangan yang mempengaruhi untuk membeli sayuran organik. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan: (1) Mendeskripsikan aktivitas budidaya dan pemasaran pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm serta pemasaran produk di Transmart, (2) Mendeskripsikan apa saja jenis produk sayuran organik yang ada atau yang dijual di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (3) Menganalisis persepsi konsumen terhadap kualitas produk sayuran organik di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, dan (4) Menganalisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan persepsi konsumen dalam pemilihan produk sayuran organik di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan alat bantu kuesioner tertutup. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling karena sampel diambil secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, dan uji korelasi rank spearman yang dibantu menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Kurnia Kitri Ayu Farm melakukan budidaya langsung pada lahan sendiri dan dipasarkan secara door to door, sedangkan Transmart mendapatkan produk dari supplier Among Tani dan dipasarkan melalui etalase (lemari kaca atau rak berkaca). Produk sayuran organik pada kedua produsen telah tersertifikasi resmi. Persepsi kosumen terhadap kualitas produk sayuran organik terhadap tiga variabel yaitu atribut sensori, atribut mutu, dan atribut simbolis. Pada atribut sensori di Transmart memiliki kategori baik dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki kategori sangat baik. Kemudian pada atribut mutu di Transmart memiliki kategori baik dan di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki kategori sangat baik. Setelah itu pada atribut simbolis di Transmart memiliki kategori baik dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm ii memiliki kategori sangat baik. Penelitian di Transmart dan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm menunjukkan bahwa faktor-faktor mempengaruhi adalah faktor usia, pendidikan dan intensitas konsumsi teruji berpengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan beberapa saran yang dapat menerapkan oleh beberapa pihak. Saran pertama ialah bagi pihak Transmart perlu meningkatkan bauran promosi, memberi kesempatan juga kepada supplier atau umkm untuk masuk ke retail modern. Hal ini dikarenakan belum ada bauran promosi dari pihak Transmart untuk produk sayuran organik, serta supplier yang berada di Transmart hanya dari Among Tani. Selain itu, bagi pihak CV. Kurnia Kitri Ayu Farm perlu adanya strategi baru dalam melakukan pemasaran agar sayuran organik serta memperbaiki kemasan produk sayuran organik sehingga CV. Kurnia Kitri Ayu Farm nantinya dapat memperkenalkan produk sayuran organik lebih luas lagi.

English Abstract

The “Go Organic 2010” Program aims to improve the quality of life of the community and preserve the environment by encouraging the development of competitive and sustainable organic agriculture. The Malang city government has implemented an organic farming system so that people have awareness of the importance of healthy lifestyles. CV. Kurnia Kitri Ayu Farm is an organic vegetable producer in Malang and one of its competitors is the modern retail Transmart Supermarket. Community as a consumer who has the choice to determine the product to be consumed. Consumers have some considerations that influence to buy organic vegetables. The research is aimed at: (1) Describing the cultivation and marketing activities in CV. Kurnia Kitri Ayu Farm and product marketing at Transmart. (2) Describes of organic vegetable products exist or are sold at Transmart and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. (3) Analyzing consumer perceptions of organic vegetable products at Transmart and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (4) Analyzing factors are related to consumer perceptions in choosing organic vegetable products at Transmart and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. This type of research is descriptive with a quantitative approach. Data collection was carried out by interview using a closed questionnaire tool. Determination of the location is done purposively, namely in the Transmart and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Sampling uses accidental sampling because the sample is taken accidentally who happen to exist or somewhere in accordance with the research context. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis, data quality testing, and Spearman rank correlation test assisted by SPSS application. The results showed that CV. Kurnia Kitri Ayu Farm cultivates directly on its own land and is marketed door-to-door, while Transmart gets products from Among Tani suppliers and is marketed through displays. Organic vegetable products at both producers have been officially certified. Consumer perceptions of organic vegetable products on three variables, namely sensory attributes, quality attributes, and symbolic attributes. The sensory attributes at Transmart have a good category and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm has a very good category. Then the quality attribute in Transmart has a good category and in CV. Kurnia Kitri Ayu Farm has a very good category. And the last one, the symbolic attributes in Transmart have a good category and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm has a very good category. Research at Transmart and CV. Kurnia Kitri Ayu Farm shows that the iv influencing factors are age, education and consumption intensity which have a positive and significant effect. Based on the results of the study, the authors recommend several suggestions that can be implemented by several parties. The first suggestion is that Transmart needs to increase its promotional mix, giving suppliers or SMEs the opportunity to enter modern retail. Because there is no promotion mix from Transmart for organic vegetable products, and the only supplier at Transmart is Among Tani. Besides that, CV. Kurnia Kitri Ayu Farm needs a new strategy in marketing for organic vegetables and improving the packaging of organic vegetable products, so that CV. Kurnia Kitri Ayu Farm will be able to introduce organic vegetable products more broadly

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040051
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:38
Last Modified: 18 Jul 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192217
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dikha Anggina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item