Mahmud, Cahya Jati and Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS s and Neza Fadia Rayesa, S.TP. M.Sc (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kantinorganik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis yang ketat menyebabkan perusahaan diharuskan untuk menerapkan strategi yang baik bagi perusahaannya. Perusahaan diharuskan untuk menyusun strategi yang baik dengan menyesuaikan perubahan yang ada. Salah satu perubahan yang terjadi di dalam masyarakat ialah gaya hidup sehat. Perusahaan yang memiliki segmentasi konsumen yang melaksanakan gaya hidup sehat ialah Kantinorganik. Kantinorganik menjadi salah satu pilihan konsumen untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat. Kantinorganik diharuskan dapat menerapkan strategi yang baik untuk mendapatkan konsumen yang loyal. Salah satu strategi tersebut ialah bauran pemasaran. Sehingga, perlu dilakukan analisis pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik loyalitas konsumen pada produk Kantinorganik, (2) Menganalisis tingkat pengaruh bauran pemasaran (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence) terhadap loyalitas konsumen pada produk Kantinorganik, dan (3) Menganalisis variabel dari bauran pemasaran paling mempengaruhi loyalitas konsumen. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sebanyak 80 orang dengan kriteria responden pernah mengkonsumsi produk yang ada di Kantinorganik. Metode analisis yang digunakan yaitu (1) Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan karakteristik responden, (2) Metode SEM-PLS untuk menganalisis tingkat pengaruh hubungan antara bauran pemasaran (7P) dengan loyalitas konsumen.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, karakteristik responden yang dimiliki oleh para konsumen ialah terdiri dari konsumen didominasi oleh perempuan. Rentan usia para konsumen ialah 13-23 tahun. Pekerjaan yang mayoritas konsumen lakukan ialah mahasiswa. Rentan pendapatan yang dimiliki oleh para konsumen ialah Rp500.000,00-Rp1.000.000,00. Tingkat pendidikan terakhir didominasi oleh SMA/SMK. Karakteristik loyalitas yang dimiliki oleh para konsumen ialah pemilihan Kantinorganik sebagai e-commerce pilihan untuk berbelanja. Karakteristik lainnya ialah mayoritas konsumen yang mengonsumsi dan melakukan transaksi di Kantinorganik sebanyak 1-2 kali dalam kurun waktu 3 bulan. Kemudian, karakteristik lain yang dimiliki oleh para konsumen ialah perekomendasian tentang Kantinorganik yang dilakukan secara kadang-kadang. Kemudian, berdasarkan metode SEM-PLS yang dilakukan, didapatkan hubungan variabel bauran pemasaran yang signifikan dengan loyalitas konsumen yakni product, price, dan physical evidence. Perusahaan disarankan dapat mempertahankan atau meningkatkan lagi variabel yang signifikan agar dapat meningkatkan keloyalan konsumen. Kemudian, perusahaan juga dapat meningkatkan lagi variabel yang tidak signifikan yakni place, promotion, people, dan process dengan mengikuti perubahan yang ada.
English Abstract
Intense business competition caused companies to be required to implement a good strategy for their company. Companies required to develop a good strategy by adjusting to existing changes. One of the changes that occur in society was a healthy lifestyle. Companies that had a consumer segmentation that implements a healthy lifestyle is Kantinorganik. Kantinorganik are one of the choices of consumers to meet the needs of a healthy lifestyle. Kantinorganik required to be able to implement a good strategy to get loyal customers. One such strategy was the marketing mix. Thus, it was necessary to analyze the influence of the Marketing Mix (7P) on consumer loyalty. This study has a purpose to (1) describe the characteristics of consumer loyalty on Kantinorganik products, (2) Analyze the level of influence of the marketing mix (7P) on consumer loyalty on Kantinorganik products, and (3) Analyzing the variables from the marketing mix that most influence consumer loyalty. Determination of the sample was done by purposive sampling method, with a total of 80 people with the criteria of respondents having consumed the products in Kantinorganik. The analytical methods used are (1) descriptive analysis to describe or describe the characteristics of the respondents, (2) the SEM-PLS method to analyze the level of influence of the relationship between the marketing mix (7P) and consumer loyalty. Based on the results of the research conducted, the characteristics of the respondents owned by consumers consist of consumers dominated by women. The age range of consumers is 13-23 years. The jobs that the majority of consumers do are students. The income range owned by consumers is IDR 500,000-Rp 1,000,000.00. The last education level is dominated by SMA/SMK. Loyalty characteristics possessed by consumers are the selection of Kantinorganik as an e-commerce choice for shopping. Another characteristic is that the majority of consumers consume and make transactions at Kantinorganik 1-2 times within 3 months. Then, another characteristic shared by consumers is the occasional recommendation about organic canteens. Then, based on the SEM-PLS method, it was found that there was a significant relationship between the marketing mix variables and consumer loyalty, namely product, price, and physical evidence. Companies are advised to maintain or increase significant variables in order to increase customer loyalty. Then, the company can also increase the insignificant variables, namely place, promotion, people, and process by following the existing changes.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040044 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 06:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192203 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
CAHYA JATI MAHMUD.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |