Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Pembayaran Uji Kendaraan Bermotor Menggunakan E-Money Di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk

Hastutik, Aprilia Puji and Dr. Fadillah Amin, M.AP, Ph.D. and Dr. Drs. Siswidiyanto, M.S. (2020) Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Pembayaran Uji Kendaraan Bermotor Menggunakan E-Money Di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk terus berusaha meningkatkan pelayanan yang mereka berikan agar masyarakat pengguna jasa pelayanan uji kendaraan bermotor semakin mudah dan cepat dalam memperoleh pelayanan. Untuk itu Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk menerapkan program pembayaran baru yaitu secara E-money yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis program pembayaran melalui E- money, 2) Menganalisis respon masyarakat terkait sistem pembayaran E-money, (3) Menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap sistem pembayaran E- money yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian kualitatif deskriptif wawancara dilakukan secara mendalam. Agar data yang diperoleh akurat dan dapat menjawab seluruh rumusan masalah yang telah dirumuskan sebelumnya. Metode penelitian kualitatif deskriptif dirasa cocok digunakan dalam penelitian ini karena penelitian ini berhubungan dengan kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk saat melakukan uji kendaraan bermotor. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan program E-money sudah cukup baik. Kerjasama yang baik antara Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Bank Mandiri dan masyarakat dapat membantu kesuksesan program pembayaran E-money ini. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk sebaiknya ditingkatkan lagi untuk sarana dan prasaran yang mendukung kenyamanan saat melakukan uji kendaraan bermotor. Ketepatan waktu saat melakukan uji kendaraan bermotor juga perlu ditingkatkan agar masyarakat pengguna jasa layanan tidak menunggu terlalu lama. Peningkatan teknologi juga diperlukan di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk agar pelayanan yang diberikan semakin cepat. Sehingga tidak ada lagi praktek pungli yang terjadi saat melakukan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk.

English Abstract

The Nganjuk Regency Transportation Agency continues to strive to improve the services they provide so that people who use motorized vehicle test services are getting easier and faster in getting services. For this reason, the Nganjuk Regency Transportation Department has implemented a new payment program, e-money in collaboration with Bank Mandiri. This study aims to (1) Analyze the payment program through E-money, (2) Analyze the public response related to the E-money payment system, (3) Analyzing the level of community satisfaction related to the E-money payment system implemented by the Nganjuk Regency Transportation Department. The research method used in this research is descriptive qualitative research method. Where in descriptive qualitative research the interviews were carried out in depth. So that the data obtained is accurate and can answer all the formulation of problems that have been formulated previously. Descriptive qualitative research methods are deemed suitable for use in this study because this study deals with community satisfaction with the services provided by the Nganjuk Regency Transportation Department when conducting motor vehicle testing. The conclusion obtained from this study is that the application of the E- money program is quite good. Good cooperation between the Nganjuk Regency Transportation Office, Bank Mandiri and the community can help the success of this E-money payment program. Suggestions given by researchers to the Nganjuk Regency Transportation Department should be increased for facilities and infrastructure that support comfort when conducting a motor vehicle test. Timeliness when testing motorized vehicles also needs to be improved so that service users do not wait too long. Technology improvement is also needed at the Nganjuk Regency Transportation Department so that the services provided are faster. So that there are no more illegal payments that occur when testing motor vehicles in the Nganjuk Regency Transportation Department.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030049
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pembayaran, E-money, Pelayanan, Satisfaction, Payment, E-money, Service
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:32
Last Modified: 18 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192169
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030041- Aprilia Puji Hastutik.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item