Kualitas Acar Telur dengan Penambahan Sari Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) ditinjau dari pH, Warna, dan Mutu Organoleptik

Prasetyo, Septian Heru and Dr. Herly Evanuarini, S.Pt, MP. (2022) Kualitas Acar Telur dengan Penambahan Sari Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) ditinjau dari pH, Warna, dan Mutu Organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur merupakan salah satu bahan pangan dengan nilai nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi pada telur mengakibatkan telur memiliki masa simpan rendah dan mudah rusak atau perishable food sehingga memerlukan pengolahan dan pengawetan. Acar telur merupakan salah satu teknologi pengolahan dan pengawetan yang menghasilkan produk asam karena menggunakan cuka/ vinegar untuk menurunkan nilai pH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah penggunaan sari belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) terbaik pada acar telur ditinjau dari pH, warna, dan mutu organoleptik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Divisi Pengolahan Telur, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya untuk pembuatan acar telur dengan ` penambahan sari belimbing wuluh serta pengujian pH, warna, dan mutu organoleptik. Penelitian dilakukan pada tanggal 25 Februari sampai 05 Maret 2022. Materi penelitian yang digunakan adalah telur ayam ras dengan penambahan sari belimbing wuluh dan bahan-bahan lainnya (garam, gula, air, cuka, daun salam, dan kunyit). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan penambahan sari belimbing wuluh adalah P0 (tanpa penambahan sari belimbing wuluh), P1 (penambahan 10 ml sari belimbing wuluh), P2 (penambahan 20 ml sari belimbing wuluh), dan P3 (penambahan 30 ml sari belimbing wuluh). Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat perbedaan nyata, maka selanjutnya dianalisis menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) pada acar telur memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH, warna, dan mutu organoleptik (aroma, rasa dan tekstur). Nilai rataan pH 4,10 – 4,46, warna 7,25 – 10,25, dan skor organoleptik aroma 2,35 – 4,40, rasa 2,55 – 4,35 dan tekstur 2,55 – 4,25. Perlakuan penambahan sari belimbing wuluh sebanyak 30 ml menghasilkan acar telur terbaik ditinjau dari pH, warna dan mutu organoleptik aroma, rasa dan tekstur. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lanjutan tentang kualitas acar telur dengan penambahan sari belimbing wuluh pada acar telur ditinjau dari daya simpan dan kadar air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050071
Uncontrolled Keywords: Acar telur, belimbing wuluh.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:20
Last Modified: 18 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192142
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Septian Heru Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item