Analisis Segmentasi Pasar Belanja Online Pada Produk Fashion Pria Di Indonesia (Studi Pada Masyarakat Pria Di Kota Malang Dan Surabaya)

Gustisaputra, Alvindhio and Muhammad Iqbal S, Sos., MIB, DBA, CPM, and Rizal Alfisyahr, SE., MM (2020) Analisis Segmentasi Pasar Belanja Online Pada Produk Fashion Pria Di Indonesia (Studi Pada Masyarakat Pria Di Kota Malang Dan Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring bertambahnya pengguna e-commerce menyebabkan banyaknya konsumen yang membeli terhadap suatu objek dan cepatnya informasi yang disebarkan. Didukung dengan kebutuhan pengguna internet untuk mencari informasi terhadap suatu objek dengan melihat gambaran visual, oleh karenanya terpaan informasi visual dianggap sebagai media potensial untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Orang yang sering diterpa informasi yang sama secara terus-menerus baik dalam bentuk pesan tertulis maupun gambar akan mampu menciptakan perbedaan persepsi atas suatu merek. Perbedaan tersebut tergantung dari gambaran asosiasi merek yang ada dalam pikiran konsumen. Gambaran tersebut selanjutnya akan menghasilkan citra merek dalam benak mereka dan akan mendorong proses keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh pasar belanja online terhadap Fashion pria, Terpaan Media Terhadap Keputusan pembelian dan segmentasi apa yang terbentuk melalui belanja online melalui e- commerce. Penelitian ini dilakukan shopping mall di kota Malang dan Surabaya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode survei melalui pembagian kuisioner kepada 138 orang responden yang merupakan pria berusia produktif, dan pernah melakukan pembelian online melalui e-commerce. Hasil Penelitian ini menghasilkan lima segmen yang berbeda yakni: 1) Clueless early adulthood, 2) Anxiuous powered early adulthood, 3) Innovator 4) Shopping king, 5) Late boomer.

English Abstract

With the increase in e-commerce users, many consumers buy objects and the speed of information dissemination. Supported by the need of internet users to find information about an object by seeing visual images, therefore exposure to visual information is considered as a potential medium for promoting a product or service. People who are often exposed to the same information continuously both in the form of written messages and pictures will be able to create different perceptions of a brand. The difference depends on the image of the brand association that is in the minds of consumers. The image will then produce a brand image in their minds and will drive the buying decision process. The purpose of this study is to find out how the online shopping market influences men's Fashion, media exposure to purchasing decisions and what segmentation is formed through online shopping through e-commerce. This research was conducted in malls in the cities of Malang and Surabaya. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The data collection method used was a survey method through the distribution of questionnaires to 138 respondents who were men of productive age, and had made online purchases through e-commerce. The results of this study produced five different segments, namely: 1) Clueless early adulthood, 2) Anxious powered early adulthood, 3) Innovator 4) Shopping king, 5) Late boomer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030034
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:48
Last Modified: 15 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192108
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520030026- Alvindhio Gustisaputra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item