Pengaruh Technology Trust, Financial Literacy Dan Social Influence Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Di Indonesia)

Adiyana, Santika and Yenny Kornitasari,, SE., ME (2022) Pengaruh Technology Trust, Financial Literacy Dan Social Influence Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan berbagai kemudahan bagi manusia untuk dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satu inovasi teknologi dari sektor perbankan ialah hadirnya layanan m-banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh technology trust, financial literacy dan social influence terhadap minat nasabah untuk menggunakan m-banking. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dilakukan kepada nasabah bank di seluruh Indonesia melalui Google Form. Data diolah dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA) guna memperoleh variabel baru yang lebih sederhana. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa technology trust berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-banking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti semakin tinggi technology trust maka semakin tinggi minat menggunakan m- banking. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel financial literacy berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-baking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti semakin tinggi financial literacy yang dimiliki maka semakin tinggi minat untuk menggunakan m-banking. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel social influence berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan m-baking, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 ix yang berarti semakin tinggi social influence yang diterima semakin tinggi minat menggunakan m-banking

English Abstract

The rapid development of technology has resulted in various facilities for humans to be able to carry out various kinds of activities. One of the technological innovations from the banking sector is the presence of m-banking services. The purpose of this study was to find out and examine how the influence of technology trust, financial literacy and social influence on customer interest in using m- banking. The data collection method uses a questionnaire conducted to bank customers throughout indonesia via google form. The data is processed using principal component analysis (pca) in order to obtain a new, simpler variabel. The data analysis method used in testing the hypothesis in this research is multiple linear regression analysis technique. The results show that technology trust has a significant effect on interest in using m-banking, as evidenced by the value of sig. 0.000 < 0.05 which means the higher the social influence received, the higher the interest in using m-banking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020034
Uncontrolled Keywords: technology trust, financial literacy, social influence, m-banking, technology trust, financial literacy, social influence, m-banking
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:03
Last Modified: 13 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191991
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
santika adiyana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item