Dinamika Pelaksanaan Konsultansi Dan Pelatihan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Lingkungan Kerja Serta Mengurangi Angka Kecelakaan Studi Pada Pt. Salam Cetra Jaya

Putri, Rafininda Nadaresi Rahadian and Rahaditya Yunianto,, SE., MM. (2021) Dinamika Pelaksanaan Konsultansi Dan Pelatihan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Lingkungan Kerja Serta Mengurangi Angka Kecelakaan Studi Pada Pt. Salam Cetra Jaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika dan permasalahan yang terjadi pada sumber daya manusia yang melakukan kegiatan kerja dalam suatu suatu lingkungan kerja yang memiliki risiko bahaya akan terjadi kecelakaan kerja pada kegiatannya. Kegiatan ini dilakukan di salah satu perusahaan klien dari PT. Salam Cetra Jaya. Dalam penelitian ini dilakukan kegiatan konsultansi dan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang merupakan bentuk jasa yang dilakukan PT. Salam Cetra Jaya selaku perusahaan konsultan K3 kepada perusahaan klien. Kegiatan konsultansi dan pelatihan K3 dilakukan terhadap seluruh pekerja yang terlibat guna meningkatkan kualitas lingkungan kerja dan mengurangi angka kecelakaan yang terjadi pada perusahaan klien tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi subjek, objek, dan kejadian yang sistematik. Wawancara dilakukan dengan pemilihan 7 informan dengan pertimbangan tertentu yang sesuai dengan objek penelitian. Dokumentasi dilakukan dengan mencatat dokumen, data, dan arsip yang berkaitan dengan permasalahan pada objek penelitian. Hasil penelitian ini adalah kegiatan konsultansi dan pelatihan K3 yang dilaksanakan berdampak terhadap peningkatan kualitas SDM dan lingkungan kerja, serta menurunnya angka kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan klien.

English Abstract

This research has purpose to determine how the dynamics and problems that occur in human resources who carry out their work activities in a work environment that has risks and can occur work accidents in activities. This activity was carried out by one of the client company of PT. Salam Cetra Jaya. In this research consultancy, occupational safety, and health (K3) was carried out which is a form of service that implement by PT. Salam Cetra Jaya as a K3 consulting company to client companies. Consultancy activity and K3 training was carried out for all workers that have been involved to increasing the quality of the work enviroment and to reduce the number of accidents that happened in their clienr companies.This Research uses Qualitative Method and Case Study. Data collection techniques are carried out by systematics observation, subjects, objects, and events. Interviews were conducted by selecting 7 informants with a certain consideration that suitable with the research object. Documentation is done by recording data, and archives that related to problems of the research object. The results of this research were consultancy activities and K3 training who carried out have an impact on improving the quality of human resources and work environment, as well as decreasing the number of work accidents that occur in the client companies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020432
Uncontrolled Keywords: Konsultansi, Pelatihan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3, Consultancy, Training, Occupational Health and Safety (OHS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:59
Last Modified: 12 Jul 2022 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191945
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAFININDA NADARESI RAHADIAN PUTR.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item