Perbandingan Kualitas Hidup pada Pasien Ska-bies yang Diterapi dengan Losion Permetrin 5% dan Losion Ekstrak Daun Mimba 10% di Pondok Pesantren Malang

Fauziyyah, Rizka Melina and Dr. dr. Dhelya Widasmara, SpKK (K) FINSDV and dr. Khuznita Dasa Novita, Sp. THT-KL. (2021) Perbandingan Kualitas Hidup pada Pasien Ska-bies yang Diterapi dengan Losion Permetrin 5% dan Losion Ekstrak Daun Mimba 10% di Pondok Pesantren Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skabies adalah penyakit kulit menular yang disebabkan Sarcoptes scabiei dengan gejala gatal dan lesi yang berdampak pada kualitas hidup manusia. Per-metrin 5% sebagai standar pengobatan skabies memiliki kekurangan dalam segi harga dan efek samping. Tanaman mimba adalah tanaman tradisional yang diduga bisa menjadi alternatif pengobatan untuk skabies karena memiliki efek skabisida. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kualitas hidup pasien skabies yang diterapi losion permetrin 5% dan losion ekstrak daun mimba 10% menggunakan instrumen DLQI dan Skindex-29. Penelitian ini merupakan exper-iment design dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian adalah 42 santri laki-laki pondok pesantren Asy-Syadzili Malang yang secara klinis terdiag-nosis skabies dengan memenuhi kriteria penelitian. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu: satu kelompok dengan terapi losion permetrin 5% (21 santri) dan satu kelompok dengan terapi losion ekstrak daun mimba 10% (21 santri). Pengumpulan data menggunakan DLQI dan Skindex-29 pada hari 0 sebelum terapi dan hari 14 setelah terapi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji t dependen untuk perbandingan sebelum dan sesudah terapi dan uji t inde-penden untuk perbandingan kualitas hidup antara dua terapi. Hasil uji statistik perbedaan 2 obat menunjukkan p 0,670 dengan parameter DLQI dan p 0,391 dengan parameter Skindex-29. Sehingga terapi dua losion tersebut tidak berbeda signifikan dalam menurunkan skor DLQI dan Skindex-29. Kesimpulan penelitian ini adalah losion permetrin 5% dan losion ekstrak daun mimba 10% sama baiknya dalam meningkatkan kualitas hidup pasien skabies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060399
Uncontrolled Keywords: Skabies, Kualitas Hidup, Permetrin, Daun Mimba
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:58
Last Modified: 11 Jul 2022 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191864
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizka Melina Fauziyyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item