Investigating The Factors Affecting Millennials And Gen Z Decision On Using E-Wallet In Indonesia

Akbar, Aqshal Haikal Antasyah and Dias Satria, SE., M.App. Ec., PhD (2021) Investigating The Factors Affecting Millennials And Gen Z Decision On Using E-Wallet In Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini masyarakat Indonesia tidak dapat memungkiri bahwa keberadaan financial technology khususnya keberadaan dompet digital (e-wallet) dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi yang menggunakannya. masyarakat khususnya generasi milenial, dan sebagian kecil dari generasi Z dalam keputusannya untuk menggunakan aplikasi e-wallet, dengan beberapa indikator atau faktor yang akan mempengaruhi alasan mereka untuk mengambil keputusan. Total responden dalam penelitian ini adalah 220 responden generasi Milenial dan GenZ yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi se-Jawa Timur. Beberapa faktor yang dipilih oleh peneliti atau penulis penelitian ini adalah; persepsi kemudahan penggunaan, Promosi yang diberikan oleh perusahaan aplikasi, dan Iklan yang dibuat oleh perusahaan, dan faktor terakhir adalah persepsi kegunaan dari aplikasi e-wallet. Hasil penelitian ini menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) menunjukkan persepsi , promosi yang diberikan oleh perusahaan aplikasi dan iklan yang dibuat oleh perusahaan, dan faktor terakhir adalah persepsi kegunaan dari aplikasi e-wallet. pengambilan keputusan responden untuk menggunakan e-wallet.

English Abstract

Nowadays, the Indonesian people cannot deny that financial technology, especially the existence of a digital wallet (e-wallet), can make it easier and create convenience for those who use it. This research aims to find out the relationship between Indonesia's citizens, especially the millennial generation and some of the Generation Z, and their decisions to use the e-wallet. There were 220 respondents of Millennials and Gen Z who are studying at universities throughout East Java. Some factors chosen by the researchers are; perceived ease of use, promotion given by the application companies, and advertisements that the company made, and perceived usefulness from the e-wallet application. By using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method, the results show that perceived ease of use, promotions given by application companies, advertisements made by companies, and the perceived usefulness of e-wallet applications have an effect on decision making of respondents to use the e-wallet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020417
Uncontrolled Keywords: E-wallet, Financial Technology, PLS-SEM, persepsi kemudahan penggunaan, Promosi dan Iklan, persepsi kegunaan, Indoensia E-wallet, Financial Technology, PLS-SEM, Perceived ease of use, Promotion and ads, Perceived of usefulness, Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:23
Last Modified: 27 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191759
[thumbnail of AQSHAL HAIKAL ANTASYAH AKBAR.pdf] Text
AQSHAL HAIKAL ANTASYAH AKBAR.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item