Analisis Peranan Modal Sosial Dalam Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) (Studi Kasus Pada Bum Desa Sauyunan Di Kabupaten Bogor)

Chaniago, Andre and Prof. Dr. Maryunani.,, SE,. MS (2020) Analisis Peranan Modal Sosial Dalam Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) (Studi Kasus Pada Bum Desa Sauyunan Di Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Malasari memiliki kekayaan berupa potensi alam dan budaya dalam melakukan pemanfaatan potensi tersebut menjadi latar belakang terbentuknya BUM Desa Sauyunan sebagai upaya menjalankan perannya dalam melakukan pemberdayaan masyarakat sehingga akan berdampak pada peningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Keterikatan dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pemanfaatan potensi Desa Malasari tidak terlepas dari unsur modal sosial yang terdiri dari norma (norm), rasa saling mempercayai (trust) dan jaringan (network). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan modal sosial dalam mengembangkan BUM Desa Sauyunan dan mengetahui bagaimana peranan BUM Desa Sauyunan dalam meningkatkan PADes. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola dari BUM Desa Sauyunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur modal sosial memilki pengaruh terhadap pengembangan BUM Desa Sauyunan, norma berperan mengatur tingkah laku masyarakat Desa Malasari dalam melakukan pengelolaan pariwisata dan lingkungan, rasa saling mempercayai berperan untuk memperkuat hubungan antara individu dan kelompok yang didasari oleh kuatnya rasa kekeluargaan serta jaringan ikut berperan dalam membangun kerja sama antara masyarakat dengan BUM Desa Sauyunan pada sektor pariwisata

English Abstract

Malasari Village has wealth in the form of natural and cultural potential. Utilizing this potential becomes a background through the development of Village-Owned enterprises in Sauyunan as part of community empowerment to increase Pendapatan Asli Desa (PADes). Community engagement and participation in utilizing the potential of Malasari Village cannot be separated from elements of social capital consisting of norms, trust and networks. This study aims to determine the role of social capital in developing Village-Owned enterprises in Sauyunan through increasing PADes. The method used in this research is a qualitative approach with descriptive analysis. The results showed that the element of social capital influences the development of Village-Owned enterprises in Sauyunan. Norms regulate the behaviour of Malasari Village in managing tourism and the environment. Trust, handling the community kinship, and network play roles in building collaboration between communities between Village-Owned enterprises Sauyunan and the tourism

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020542
Uncontrolled Keywords: BUM Desa, Masyarakat, Modal sosial, Potens, Village-Owned enterprises, community, Social Capital, Potential..
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:58
Last Modified: 08 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191748
[thumbnail of Andre Chaniago.pdf] Text
Andre Chaniago.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item