Pengaruh Atribut Produk Terhadap Niat Beli Kembali Dimediasi Oleh Persepsi Nilai (Studi Pada Bluder Cokro Madiun)

Anugrah, Adiansah Putra and Dr. Astrid Puspaningrum,, SE., MM (2020) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Niat Beli Kembali Dimediasi Oleh Persepsi Nilai (Studi Pada Bluder Cokro Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menghadapi persaingan antar perusahaan, perusahaan harus mampu memenuhi segala ekspektasi dan kebutuhan para konsumennya. Salah satu cara agar mampu memenangkan persaingan adalah dengan memperhatikan atribut produk. Penelitian ini dilakukan di Bluder Cokro Madiun Jl. Hayam Wuruk no. 51- 53, Kota Madiun. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independent yaitu variabel Atribut Produk (X), variabel dependen yaitu Niat Untuk Membeli Kembali (Y), dan variabel intervening yaitu Persepsi Nilai (Z). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Atribut Produk terhadap Persepsi Nilai dan Niat Untuk Membeli Kembali di Bluder Cokro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian explanatory research untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 156 responden. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Bluder Cokro. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas dengan piranti SPSS 20. Metode analisis data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) untuk mengetahui pengaruh antara variabel Atribut Produk terhadap Persepsi Nilai dan Niat Untuk Membeli Kembali. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) Atribut Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Nilai, (2) Persepsi Nilai berpengaruh positif signifikan terhadap Niat Untuk Membeli kembali. (3) Atribut Produk berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Niat Untuk Membeli Kembali. (4) Atribut Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Niat Untuk Membeli Kembali dengan dimediasi Persepsi Nilai

English Abstract

To face competition between companies, a company must be able to meet all the expectations and needs of its consumers. One way to be able to win the competition is to pay attention to product attributes. This research was conducted at Bluder Cokro Madiun Jl. Hayam Wuruk no. 51-53, Madiun. The independent variable is product attributes (X), the independent variable is repurchase intention (Y), and the intervening variable is perceived value (Z). The objective of this study is to identify and analyze the effect of product attributes on perceived value and repurchase intention at Bluder Cokro. This explanatory research explains the relationships between variables. The data of this study was collected from Likert-scale questionnaires distributed to 156 respondents of Bluder Cokro customers and was analyzed using Partial Least Squares Analysis. The instruments were assessed using validity and reliability tests in SPSS 20. This study finds that (1) product attributes significantly and positively influence perceived value; (2) perceived value significantly and positively influences repurchase intention; (3) product attributes partially have a significant and positive influence on repurchase intention; and (4) product attributes significantly and positively influence repurchase intention with the mediation of perceived value

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020540
Uncontrolled Keywords: Atribut Proudk, Persepsi Nilai, Niat Membeli Kembal, product attributes, perceived value, repurchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:01
Last Modified: 27 Sep 2024 01:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191718
[thumbnail of Adiansah Putra Anugrah.pdf] Text
Adiansah Putra Anugrah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item