Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitid antara Anak Usia 4-6 Tahun dari Ibu Bekerja di Luar Rumah dengan dari Ibu Rumah Tangga selama Pembelajaran Jarak Jauh di TK Aisyiyah Blimbingrejo Jepara

Putri, Kirana Klarisma and dr. Astri Proborini, SpA., M.Biomed and dr. Indriati Dwi Rahayu, M.Kes (2022) Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitid antara Anak Usia 4-6 Tahun dari Ibu Bekerja di Luar Rumah dengan dari Ibu Rumah Tangga selama Pembelajaran Jarak Jauh di TK Aisyiyah Blimbingrejo Jepara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia prasekolah merupakan anak usia 3-6 tahun. Periode ini juga dinamakan sebagai masa emas atau merupakan periode keemasan dimana anak mengalami tahapan pertumbuhan & perkembangan yang paling krusial dalam hidupnya. Selain orang dewasa, usia anak juga terdampak dalam pandemi Covid-19. Peraturan pembatasan kegiatan pendidikan dan layanan program kesehatan masyarakat seperti posyandu membuat peran ibu sangat penting untuk pemantauan dan stimulasi tumbuh kembang khususnya pada perkembangan bahasa dan kognitif anak prasekolah selama pandemi Covid-19. Dewasa ini ibu tidak hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, namun juga banyak ibu yang memilih bekerja diluar rumah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan agar kita dapat memahami perbedaan berkembangnua level bahasa kognitif pada anak berumur 4-6 tahun dari seorang ibu wanita karir dengan ibu rumah tangga di TK Aisyiah Blimbingrejo ,Nalumsari, Jepara. Penelitian ini menggunakan metode teknik total sampling. Jumlah responden penelitian ini melibatkan 62 responden anak dan 62 ibu wali murid. Responden dibagi berdasarkan jumlah jenis pekerjaan ibu yaitu 32 anak dari Ibu rumah tangga serta 30 anak dari ibu yang bekerja di luar rumah. Instrumen riset ini menggunakan lembar Denver II untuk menghitung seberapa jauh perkembangan bahasa, kuesioner perkembangan kognitif dan kuesioner bagi ibu wali murid. Dalam penelitian ini menggunakan pengujian non parametric statistics yaitu Chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan bahasa dalam kategori normal anak dari ibu rumah tangga lebih banyak daripada anak dari ibu yang bekerja diluar rumah dengan hasil signifikansi p-value : 0.022 (p-value <0.05). Perkembangan kognitif anak dalam kategori baik dari ibu rumah tangga lebih banyak dibandingkan anak dari ibu bekerja di luar rumah dengan hasil signifikansi p-value: 0.003 (pvalue <0.05). Sehingga terdapat perbedaan yang bermakna perkembangan bahasa dan kognitif antara anak dari ibu rumah tangga dengan dari ibu yang bekerja di luar rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060060
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, Perkembangan Kognitif, Ibu Rumah Tangga, Ibu Bekerja di Luar Rumah.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jul 2022 09:08
Last Modified: 06 Jul 2022 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191662
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kirana Klarisma Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item