Pengaruh Media Edukasi Berbasis Web Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja

Krismawati, Luh Dian and Dr. Ns. Laily Yuliatun, S.Kep.,M.Kep and Ns. Ayut Merdikawati, S.Kep.,M.Kep (2022) Pengaruh Media Edukasi Berbasis Web Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan keadaan sehat secara fisik,mental yang berhubungan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi. Masalah kesehatan reproduksi pada remaja yang sering muncul adalah perilaku seks berisiko, kehamilan di luar pernikahan, pernikahan dini, penyakit menular seksual dan aborsi. Rendahnya pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi menggiring remaja melakukan perilaku seksual tanpa informasi yang jelas mengenai kesehatan reproduksi kemudian akan berisiko melakukan praktik perbuatan seksual yang tidak aman, dan berakibat timbulnya penyakit menular seksual atau kehamilan yang tidak diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk guna mengetahui pengaruh media edukasi berbasis web terhadap pengetahuan dan sikap mengenai kesehatan reproduksi remaja. Desain penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan pre-posttest. Teknik sampling dengan cara purposive sampling dibagi dua kelompok yaitu kelompok intervensi (n=45) dan kelompok kontrol (n=45). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan tidak ada peningkatan pengetahuan dan terdapat perbedaan rata-rata preposttest pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol (p=0.586). Sedangkan variabel sikap pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol terdapat peningkatan kategori sikap negatif (p=0.618). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi dan variabel sikap mengenai kesehatan reproduksi remaja sebagain besar dengan kategori sikap negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060058
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Sikap, Remaja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:45
Last Modified: 06 Jul 2022 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191639
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Luh Dian Krismawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item