Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Terhadap Suroboyo Bus Koridor Utara-Selatan pada Rute Purabaya-Rajawali

Fahrezi, Teuku Zulfikar Ali and Dr. Septiana Hariyani, ST., MT. and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP. (2022) Pemilihan Moda Antara Kendaraan Pribadi Terhadap Suroboyo Bus Koridor Utara-Selatan pada Rute Purabaya-Rajawali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Surabaya sebagai pusat perdagangan, maritim, dan pariwisata memiliki banyak aktivitas yang berdampak pada peningkatan pergerakan masyarakat khususnya dalam menggunakan moda transportasi. Pemerintah Kota Surabaya meresmikan transportasi umum berupa Suroboyo Bus sebagai salah satu transportasi umum yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Koridor utara-selatan merupakan koridor utama yang diresmikan karena memiliki pergerakan yang dinamis, akan tetapi belum cukup untuk mengurangi kemacetan di beberapa ruas jalan yang memiliki derajat kejenuhan tinggi. Selain itu, rendahnya minat masyarakat dalam memilih Suroboyo Bus khususnya koridor utara-selatan untuk melakukan perjalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna kendaraan pada Suroboyo Bus koridor utara-selatan, membuat permodelan pemilihan moda, serta mengetahui besaran probabilitas perpindahan moda dari kendaraan pribadi ke Suroboyo Bus. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi multinomial logit. Analisis regresi multinomial logit menghasilkan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap permodelan. Probabilitas perpindahan moda yang dihasilkan adalah apabila diberikan pengusulan kebijakan transportasi berupa pembatasan usia kendaraan, progresif kendaraan, dan pembelian kendaraan, maka besaran peluang pengguna motor dan mobil untuk berpindah ke Suroboyo Bus masing-masing sebesar 50% dan 53%.

English Abstract

As a center of trade, maritime, and tourism, Surabaya has many activities that impacted on increasing people movement, especially in using transportation modes. The Surabaya City Government inaugurated public transportation in the form of Suroboyo Bus as one of the public transportation that can be used by the public to travel. Corridor of north-south is the main corridor that was inaugurated because it has a dynamic movement, but not enough to reduce congestion on some roads that have a high degree of saturation. In addition, the low interest of the public in choosing Suroboyo Bus, especially the corridor of north-south to travel. The purpose of this study was to identify the vehicle user characteristics on Suroboyo Bus corridor of north-south, make mode choice model, and determine the probability of moving modes from private vehicles to Suroboyo Bus. The analytical methods used are descriptive statistical analysis and multinomial logit regression analysis. Multinomial logit regression analysis produced variables that have significant effect on modeling. The probability of moving modes are that if given the proposed of transportation policy in the form of vehicle age restrictions, vehicle progressives, and vehicle purchases, then the number of opportunities for motorcycle and car users to move to Suroboyo Bus are 50% and 53%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070098
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemilihan Moda, Probabilitas Perpindahan Moda, Regresi Multinomial Logit, Suroboyo Bus
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:48
Last Modified: 05 Jul 2022 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191484
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Teuku Zulfikar Ali Fahrezi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item