Uji Antikanker Ekstrak Daun Jati (Tectona grandis) pada Reseptor Tubulin Beta-3 sebagai Terapi Kanker Payudara dengan Pendekatan In Silico.

Antariksa, Genta and Agustina Tri Endharti, S.Si, Ph.D. and dr. Aulia Rahmi Pawestri, Ph.D (2022) Uji Antikanker Ekstrak Daun Jati (Tectona grandis) pada Reseptor Tubulin Beta-3 sebagai Terapi Kanker Payudara dengan Pendekatan In Silico. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker payudara menempati urutan ke-2 kanker paling sering di dunia. Pada kanker payudara terjadi overekspresi TUBB-3. TUBB-3 merupakan protein mikrotubul yang berperan dalam pembelahan sel. Overekspresi TUBB-3 juga menyebabkan resistensi pengobatan terhadap golongan taxane. Obat kemoterapi dengan target reseptor spesifik TUBB-3 yang tersedia saat ini hanyalah ixabepilone. Pilihan kemoterapi dengan target TUBB-3 masih terbatas, sehingga perlu dicari bahan aktif potensial yang bisa menghasilkan agen kemoterapi dengan kerja yang lebih baik, salah satunya dari ekstrak daun Tectona grandis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya interaksi antara TUBB-3 sebagai target dengan ekstrak daun Tectona grandis sebagai ligan dan ixabepilone sebagai ligan kontrol. Ekstrak daun Tectona grandis yang memiliki sifat antikanker dan kemudian diteliti adalah lapachol, rutin, quercetin, gallic acid, dan ellagic acid. Penelitian ini merupakan studi eksperimental in silico melalui metode docking menggunakan program PyRx, serta PyMol dan Discovery Studio untuk visualisasi molekul, dengan mendapat struktur molekul dari PubChem dan PDB. Hasil uji bioavailabilitas mengeliminasi rutin dan ellagic acid yang tidak memenuhi kriteria, sedangkan lapachol, quercetin, dan gallic acid memenuhi seluruh kriteria, lebih baik dari ligan kontrol yang hanya memenuhi 3 dari 4 kriteria. Hasil docking menunjukkan bahwa terdapat ikatan antara ekstrak Tectona grandis lolos uji dengan TUBB-3 disertai nilai afinitas ikatan yang stabil yaitu < -6.0 kkal/mol, sehingga memiliki potensi menghambat TUBB-3 dan menurunkan proliferasi. Kesimpulannya, lapachol, quercetin, dan gallic acid berpotensi menjadi agen kemoterapi antimikrotubul pada kanker payudara melalui ikatan dengan TUBB-3 secara in silico.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060389
Uncontrolled Keywords: Tectona grandis, in silico, TUBB-3, kanker payudara
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:30
Last Modified: 01 Jul 2022 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191398
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Genta Antariksa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item