Pengaruh Perencanaan Strategi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Coffee Shop Di Kota Malang)

Ardiansyah, Mirzah and Risna ttayanl,, SE.,MM.,Ph.D. and Dr.Drs.Sudiatno,, MS. (2021) Pengaruh Perencanaan Strategi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Coffee Shop Di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Coffee shop merupakan jenis UMKM yang tengah berkembang di Kota Malang, terlepas dari berbagai tantangan bisnis dan perubahan yang harus dihadapi sehingga memberikan dampak pada kinerja, target realistis yang diambil adalah dengan mempertahankan kinerja seoptimal mungkin. Perencanaan strategi sepenuhnya menopang kinerja, mengingat kondisi perkembangan IT yang cepat menuntut kemampuan kewirausahaan dan berinovasi yang tinggi bagi coffee shop untuk bisa bertahan secara bisnis. Harapannya dengan implementasi perencanaan strategi yang baik akan bisa menghasilkan orientasi kewirausahaan yang lebih baik dan dapat memunculkan ide-ide kreatif dalam meningkatkan daya saing coffee shop untuk meningkatkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa pengaruh perencanaan strategi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja dimediasi oleh inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah owner dan manajer coffee shop di Kota Malang dan sampel sebanyak 79 responen yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah: perencanaan strategi, orientasi kewirausahaan, inovasi dan kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategi dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja maupun inovasi. Selain itu inovasi terbukti memediasi pengaruh antara perencanaan strategi terhadap kinerja, juga memediasi pengaruh antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja. Hasil penelitian ini memperluas Resource based theory dengan menggabungkan dengan synoptic planning yang menunjukkan bahwa strategi perusahaan harus direncanakan dengan seksama dengan tetap memperhatikan orientasi pengusaha dalam kewirausahaan dan kemampuan dalam melakukan inovasi binis.

English Abstract

Coffee shops are growing micro, small, and medium businesses in Malang city. Apart from various changes and business challenges that affect their performance, the most realistic target for the business is maintaining a high level of performance, which is mainly supported by strategic planning. Furthermore, the rapid development of information technology has required them to have excellent capability in entrepreneurship and innovation in order to survive. It is expected that well-implemented strategic planning produces better entrepreneurial orientation and more creative ideas to increase their competitiveness for higher performance. The objective of this research is to analyze the effects of strategic planning and entrepreneurial orientation on performance with the mediation of innovation. The population of this quantitative study is owners and managers of coffee shops in the city, from which using purposive sampling a number of 79 respondents were selected. The data was processed and analyzed using Partial Least Squares. The variables are strategic planning, entrepreneurial orientation, innovation, and performance. This study finds that strategic planning and entrepreneurial orientation have positive and significant effect on both performance and innovation. Furthermore, innovation mediates the effect of strategic planning on performance and the effect of entrepreneurial orientation on performance. The findings have broadened the Resource-Based Theory in combination with synoptic planning, showing that strategy must be planned well without neglecting entrepreneur’s orientation and ability to make business innovations

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421020010
Uncontrolled Keywords: perencanaan strategi, orientasi kewirausahaan, kinerja, inovasi.Strategic planning, entrpreneurial orientation, performance, innovation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:30
Last Modified: 17 Jun 2022 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191267
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mirzah Ardiansyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item