Hubungan Keintiman Keluarga dan Tingkat Stres terhadap Perilaku Merokok Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Satyatma, Fahar Apta and dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ., M.H. and Beleven Khrismawan, S.Pd., M.Pd. (2021) Hubungan Keintiman Keluarga dan Tingkat Stres terhadap Perilaku Merokok Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merokok merupakan ancaman kesehatan terbesar di dunia yang sudah menjadi budaya dan dianggap lazim dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku merokok ini dipengaruhi beberapa hal seperti tingkat stres dan dukungan dari lingkungan berupa keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan keintiman keluarga dan tingkat stres terhadap perilaku merokok mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya tingkat akhir. Subjek penelitian adalah 143 mahasiswa dari Program Studi Farmasi, Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan, dan Kebidanan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara daring. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner Keintiman keluarga yang telah divalidasi oleh Chotimah pada tahun 2015, Kuesioner PSS yang telah divalidasi oleh Resti Fauzi pada tahun 2018, dan Kuesioner perilaku merokok yang telah divalidasi oleh Ilyati Syarfa pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Hasil uji korelasi spearman menunjukkan bahwa tidak didapatkan hubungan antara keintiman keluarga dengan perilaku merokok (p > 0.05 , r = -0.126) dan tidak didapatkan hubungan antara tingkat stres dan perilaku merokok (p > 0.05 , r = 0.022), namun didapatkan hubungan negatif yang signifikan antara keintiman keluarga dan tingkat stres (p < 0.05 , r = -0,235). Berdasarkan penelitian ini, disarankan untuk melakukan pencarian subjek yang lebih luas dengan perbandingan jenis kelamin yang tidak terlalu jauh serta variabel lain yang berkaitan dengan perilaku merokok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521060372
Uncontrolled Keywords: Keintiman Keluarga, Tingkat Stres, Perilaku Merokok
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:07
Last Modified: 16 Jun 2022 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191246
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fahar Apta Satyatma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item