Perencanaan Strategi Pemasaran Sayur Organik Pada Usaha Pusaka Agro

Saeri, Fathur Rahman and Prof. Dr. Moeljadi, SE, SU (2021) Perencanaan Strategi Pemasaran Sayur Organik Pada Usaha Pusaka Agro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan dalam menentukan strategi pemasaran merupakan alternatif tindakan perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi yang terbaik. Pusaka Agro merupakan usaha rintisan yang memiliki kekurangan dalam hal pemasaran produknya, sehingga usaha ini perlu dilakukan review cara pemasaran dengan melakukan perencanaan strategi pemasaran guna dapat meningkatkan penjualan. Berangkat dari masalah tersebut maka usaha Pusaka Agro perlu dibuatkan perencanaan yang berfokus pada startegi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian usaha Pusaka Agro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta mengetahui posisi perusahaan sehingga mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Matriks IFE menghasilkan skor 2,36 dan Matriks EFE menghasilkan skor 2,73 sehingga posisi perusahaan pada Matriks IE berada pada kuadran II yaitu tumbuh dan membangun. Hasil penelitian menghasilkan dua alternatif strategi yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar

English Abstract

Planning in determining the marketing strategy is an alternative to the company's actions to realize the vision and mission in the best wa. Pusaka Agro is a pioneering business that has shortcomings in terms of marketing so that this business needs to be evaluated by planning marketing strategies in order to increase sales. Departing from this problem, the Pusaka Agro business needs to make a plan that focuses on marketing strategies. This research is a descriptive study with a qualitative approach with the object of research being Pusaka Agro. This study aims to analyze internal and external factors and determine the company's position so as to find out the right marketing strategy. The data analysis method used in this study is the IFE, EFE, IE, SWOT, and QSPM Matrix. The IFE Matrix produces a score of 2.36 and the EFE Matrix produces a score of 2.73 so that the company's position in the IE Matrix is in quadrant II, namely growing and building. The results of the study resulted in two alternative strategies, namely product development and market penetration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020355
Uncontrolled Keywords: erencanaan, Strategi, Pemasaran, Matriks
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:30
Last Modified: 15 Jun 2022 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191139
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fathur Rahman Saeri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item