Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Self Brand Connection Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pemakai Sepatu Bola Merek Adidas Di Kota Surabaya)

Fepriyanto, Faris and Dr. Drs. Agung Yuniarinto,, MS.CMA (2021) Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Self Brand Connection Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pemakai Sepatu Bola Merek Adidas Di Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Surabaya dikenal sebagai kota yang sangat fanatik dengan sepak bola dan Surabaya juga ikut menjadi salah satu pelopor lahirnya sepak bola di Indonesia. Fakta tersebut menjadi sinyal positif bagi perusahaan Adidas, sebagai salah satu produsen produk sepatu olah raga terkenal di dunia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement yaitu Lionel Messi melalui tiga indikator (trustworthiness, expertise dan attraciveness) terhadap brand loyalty pada produk sepatu bola Adidas, dan pengaruh self brand connection terhadap brand loyalty konsumen pada produk sepatu sepakbola Adidas. Jenis penelitian adalah eksplanatori yang menjelaskan tentang mengapa suatu fenomena terjadi dan mencoba untuk menguji hubungan kausalitas antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 190 responden yang telah memenuhi syarat dan disebarkan terhadap konsumen pemakai produk sepatu sepakbola Adidas di Kota Surabaya. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda, dibantu oleh SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) trustworthiness dapat meningkat brand loyalty pada pemakai sepatu sepakbola Adidas di Kota Surabaya (2) expertise meningkatkan brand loyalty pada pemakai sepatu sepakbola Adidas di Kota Surabaya. (3) attractiveness dapat meningkatkan brand loyalty pada pemakai sepatu sepakbola Adidas di Kota Surabaya. (4) self brand connection dapat meningkatkan brand loyalty pada pemakai sepatu sepakbola Adidas di Kota Surabaya

English Abstract

The city of Surabaya is known as a city that is very fanatical about football and Surabaya is also one of the pioneers of the birth of football in Indonesia. This fact is a positive signal for the company Adidas, a world-famous manufacturer of sports shoes. This study was conducted to determine the effect of celebrity endorsement, namely Lionel Messi through three indicator (trustworthiness, expertise and attractiveness) on brand loyalty on Adidas football shoes products, and the effect of self brand connection on brand loyalty on Adidas football shoes products. This type of research is explanatory which explains why a phenomenon occurs and tries to test the causality relationship between variables. The sampling technique used is non-probability sampling with the technique of determining the sample using purposive sampling. The sample size used is 190 respondents who have met the requirements and distributed to consumers who use Adidas football shoes in the city of Surabaya. Data analysis used multiple linear regression technique, assisted by SPSS 21.0 for windows. Based on the results of testing the four hypotheses, it can be concluded that (1) the trustworthiness can increase brand loyalty to Adidas football shoe wearers in Surabaya (2) the expertise increases brand loyalty to Adidas football shoe wearers in Surabaya City. (3) the attractiveness can increase brand loyalty to Adidas football shoe wearers in the city of Surabaya. (4) the self- brand connection can increase brand loyalty to Adidas football shoe wearers in the city of Surabaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020354
Uncontrolled Keywords: : brand loyalty, celebrity endorsement, self brand connection,brand loyalty, celebrity endorsement, self brand connection
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:54
Last Modified: 14 Jun 2022 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191135
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faris Fepriyanto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item