Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien di Klinik Gigi

Maghfiroh, Feren Syafrida Apriliani and drg. Merlya Balbeid,, M.MRS (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien di Klinik Gigi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang: Kualitas pelayanan adalah semua kesan yang disampaikan oleh pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh perusahaan atau pemberi jasa. Kualitas pelayanan mempunyai kaitan yang erat dengan hasil pelayanan Kesehatan. Dengan memberikan pelayanan yang berkualitas maka akan tercipta sebuah kepercayaan dari pasien. Kepercayaan pasien dapat diartikan sebagai keyakinan pasien bahwa pengelola pelayanan kesehatan akan bertindak sesuai dengan harapan mereka. Tujuan: untuk mempelajari kualitas pelayanan gigi dan mulut berdasarkan 5 dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati di klinik gigi serta mampu mengidentifikasi dan mempelajari jurnal yang terkait dengan kualitas pelayanan dan kepercayaan pasien di klinik gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 jurnal yang ditemukan namun hanya 10 jurnal yang sesuai dengan topik dan kriteria. Database yang digunakan untuk pencarian jurnal adalah MESH, google schoolar dan PubMed. Kesimpulan: kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepercayaan pasien di klinik gigi. Terdapat 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati. Dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh adalah jaminan, kemudian disusul dengan daya tanggap dan bukti fisik.

English Abstract

Background: Service quality is all the impressions conveyed by customers of the services provided by the company or service provider. Service quality has a close relationship with health service outcomes. By providing quality service it will create a trust from the patient. Patient trust can be interpreted as a patient's belief that health service managers will act according to their expectations. Purpose: to study the quality of dental and oral services based on 5 dimensions, namely physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy in dental clinics and to be able to identify and study journals related to service quality and patient confidence in dental clinics. The results showed that there were 14 journals found, but only 10 journals that matched the topics and criteria. The databases used to search journals are MESH, google schoolar and PubMed. Conclusion: service quality has a positive influence on patient confidence in dental clinics. There are 5 dimensions of service quality, namely physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy. The most influential dimension of service quality is assurance, followed by responsiveness and physical evidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520140032
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, kepercayaan pasien, klinik gigi,quality of service, patient trust, dental clinic.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:18
Last Modified: 17 Jun 2022 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191068
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Feren Syafrida Apriliani Maghfiroh.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item