Determinan Daya Saing Umkm: Studi Empiris Industri Fashion Di Kota Bandung

Zaini, Arrafif Pratama and Dias Satria,, SE.,MS., M.Ec.Dev., Ph.d (2020) Determinan Daya Saing Umkm: Studi Empiris Industri Fashion Di Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing UMKM melalui tiga aspek utama, yang meliputi penggunaan teknologi pada bidang pendanaan dan sistem pembayaran, serta faktor adanya akses informasi yang didapatkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitafi dimana data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui Penyebaran kuesioner dalam skala likert pada para pelaku UMKM pada bidang industri fashion di Kota Bandung. Data yang didapatkan diolah dalam rangkaian analisis deskriptif untuk mengetahui persebaran serta distribusi frekuensi dari data yang diperoleh. Kemudian dilakukan pengujian outer dan inner model menggunakan program PLS untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan koefisien pengaruh antar variabel serta indikatornya. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perilaku berbagi informasi serta penggunaan teknolo pada sistem pembayaran (payment gateway) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM pada bidang indsutri fashion di Kota Bandung

English Abstract

This study tries to describe the elements that influence MSMEs' competitiveness through three primary aspects: the use of technology in the sector of funding and payment systems, as well as the factor of information availability. This is a descriptive study with a quantitative approach method, and the data used are primary data gathered by distributing Likert scale questionnaires to MSME actors in the fashion industry in Bandung. The gathered data were subjected to a series of descriptive analyses in order to identify the data's distribution and frequency distribution. The validity, reliability, and coefficient of effect between variables and their indicators are then determined by utilizing the PLS program to test the outer and inner models. This study confirms that information sharing behavior and the use of technology in the payment system (payment gateway) have a substantial impact on MSMEs' competitiveness in the Bandung fashion secto

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020532
Uncontrolled Keywords: Industri Kreatif, Teknologi Keuangan, Modal Sosial, Daya Saing UMKM, Creative Industry, Financial Technology, Social Capital, MSME Competitiveness.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:03
Last Modified: 13 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191016
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
arrafif pratama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item