Perbandingan Efektifitas Metode Penyuluhan Bernyanyi dan Metode Penyuluhan Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa TK PGRI 2 Kota Malang Usia 4-6 Tahun

Faujiyyah, Annissa’a Ulfah and drg. Merlya,, MMRS and drg. Citra Insany I,, M.Med. Ed (2020) Perbandingan Efektifitas Metode Penyuluhan Bernyanyi dan Metode Penyuluhan Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa TK PGRI 2 Kota Malang Usia 4-6 Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang klasik, hal ini ditandai dengan angka prevalensi karies gigi dan penyakit periodontal masih tetap tinggi. Tingginya angka prevalensi tersebut disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektifitas penyuluhan dengan metode bernyanyi dan metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa TK PGRI 2 Kota Malang usia 4-6 tahun. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan Pre test Post test Control Group Design yaitu menggunakan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah metode penyuluhan dengan bernyanyi dan metode ceramah sama-sama dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, namun jika dilihat melalui rata-rata peningkatan Nilai Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut, metode penyuluhan dengan bernyanyi memiliki nilai peningkatan yang lebih tinggi.

English Abstract

Dental and oral health problems are still one of the most common health problems found today in Indonesia, which is proved by the high number of cases of dental caries and periodontal disease. The high number of prevalence is caused by the lack of awareness in dental and oral health by the public. Dental and oral health counseling is one of the means to improve the public’s awareness and knowledge in the topic. This research’s objective is to study the comparison of effectiveness between singing and lecture-based counseling methods in dental and oral health awareness of students aged 4-6 years old in PGRI 2 Kindergarten, Malang. The research method used is Quasi Experiment Design with Pre test Post test Control Group Design, namely utilizing experimental group and control group to study the comparison. The conclusion obtained from this research is both singing and lecture-based counseling methods are able to improve dental and oral health awareness, but observation from the average dental and oral health scores shows that singing counseling method has a higher increased score.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520140013
Uncontrolled Keywords: metode bernyanyi, metode ceramah, pengetahuan kesehatan gigi dan mulut,singing method, lecture-based method, dental and oral health awareness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:14
Last Modified: 17 Jun 2022 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190935
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annissa'a Ulfah Faujiyyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item