Pengaruh Atribut Restoran (Dineserv) Terhadap Kepuasaan Pelanggan, Niat Datang Kembali Dan Rekomendasi Dengan Pendekatan SEM-PLS (Studi Kasus: Nice Box Sigura-Gura Malang)

Zulkarnain, Muhammad Altaf and Dr. Eng Oke Oktavianty, S.Si., MT. (2022) Pengaruh Atribut Restoran (Dineserv) Terhadap Kepuasaan Pelanggan, Niat Datang Kembali Dan Rekomendasi Dengan Pendekatan SEM-PLS (Studi Kasus: Nice Box Sigura-Gura Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Kota Malang sendiri khususnya menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang pada tahun 2016 terdapat sekitar 69,7% pelaku usaha kuliner dari total 40.690 pelaku usaha kreatif. Dari ketatnya persaingan ini restoran nice box ingin memenangkan persaingan dengan cara meningkatkan kepuasaan pelanggan tetapi belum mengetahui atribut variabel (dineserv) apa yang paling mempengaruhi kepuasaan pelanggan. Pelanggan puas ditunjukkan oleh dua perilaku yaitu niat datang kembali serta memberikan rekomendasi kepada orang lain. Dengan pendekatan metode SEM-PLS ini dapat menganalisis atribut variabel yang berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan yang nantinya dapat dilakukan perbaikan serta peningkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya atribut variabel kualitas layanan dan harga yang paling berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan dari keseluruhan atribut (kualitas makanan, kualitas layanan, harga dan atmosfer restoran).

English Abstract

In the city of Malang itself, especially according to data from the Central Statistics Agency (BPS) of Malang City in 2016, there were around 69.7% of culinary business actors out of a total of 40,690 creative business actors. From this intense competition, nice box restaurants want to win the competition by increasing customer satisfaction but do not yet know what variable attributes (dineserv) most affect customer satisfaction. Satisfied customers are shown by two behaviors, namely the intention to come back or revisit intentions and provide recommendations to others. With the SEM-PLS method approach, it is possible to analyze the variable attributes that affect customer satisfaction which can later be improved and improved. The results of this study indicate that only the service quality and price variable attributes have the most influence on customer satisfaction from all attributes (food quality, service quality, price and restaurant atmosphere).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070063
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Restoran, Kepuasaan Pelanggan, dineserv, SEM-PLS, Niat Datang Kembali, Rekomendasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 23 May 2022 08:21
Last Modified: 23 May 2022 08:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190719
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Altaf Zulkarnain.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item