Konstruksi Konsep Entitas Usaha Berdasarkan Pancasila

Salampessy, Zulkarim (2019) Konstruksi Konsep Entitas Usaha Berdasarkan Pancasila. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi konsep entitas usaha berdasarkan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia. Konsep entitas usaha modern yang ada saat ini adalah produk Amerika dan Inggris yang dibangun berdasarkan Neoliberalisme. Peneliti menggunakan metodologi wawasan nusantara (MWN) dengan paradigma Pancasila. Metode pengambilan data penelitian dengan teknik pengamatan, wawancara dan kepustakaan. Pembahasan penelitian menggunakan teknik analisis-sintesis dan refleksi, dan konsep diri manusia Pancasila sebagai alatnya. Penelitian ini menghasilkan konsep entitas usaha berdasarkan Pancasila, yaitu perusahaan sebagai badan usaha dan refleksi dari pemilik yang: pertama, menyadari Tuhan sebagai asal dan tujuan hidup, sehingga senantiasa dekat dengan Tuhan; kedua, memanusiakan dirinya melalui pemanusiaan objek dan aktivitas usaha, pengusaha lain, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar; ketiga, menyatu dengan objek dan aktivitas usaha, pengusaha lain, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar sesuai dengan ketetapan-ketetapan Tuhan, sehingga memiliki ketahanan ekonomi-sosial-moral; keempat, memperbaharui, memelihara, mendidik, menumbuh-kembangkan objek dan aktivitas usaha secara gotong-royong dalam suasana kekeluargaan dan menebarkan rahmat kepada pengusaha lain, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar secara berkelanjutan sebagai wujud tanggung-jawab ekonomi, sosial dan moral yang sesuai dengan keputusan pemerintah yang berdasarkan peraturan perundang-undangan; kelima, membelanjakan hasil usaha untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial dan moral secara sederhana, layak, dan seimbang, sehingga merasakan kebahagiaan ekonomi, sosial dan spiritual.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/338.76/SAL/k/2019/061906539
Uncontrolled Keywords: Konsep Entitas Usaha, Akuntansi, Paradigma Pancasila, Metodologi Wawasan Nusantara (MWN), Konsep Diri Manusia Pancasila.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.76 Business enterprises by industry
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 May 2022 07:32
Last Modified: 13 May 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190452
[thumbnail of ZULKARIM SALAMPESSY.pdf] Text
ZULKARIM SALAMPESSY.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item