Kualitas Sponge Cake dengan Penggunaan Pemanis Stevia (Stevia rebaudianaL.) ditinjau dari Gula Reduksi, Rendemen dan Warna LAB

Sa'adah, Jauharotun Nurus and Dr. Herly Evanuarini, S.Pt., MP (2022) Kualitas Sponge Cake dengan Penggunaan Pemanis Stevia (Stevia rebaudianaL.) ditinjau dari Gula Reduksi, Rendemen dan Warna LAB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gula merupakan sumber kalori pada sponge cake selain tepung terigu. Konsumsi sponge cake dengan kalori yang tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kalori dalam sponge cake dengan menggunakan pemanis alami. Pemanis stevia merupakan salah satu alternatif gula alami yang dapat digunakan sebagai pengganti gula. Stevia merupakan pemanis alami rendah kalori dengan rasa manis 200-300 kali dari gula biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase terbaik penggunaan tepung daun stevia pada sponge cake ditinjau dari gula reduksi, rendemen dan warna LAB. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai 15 November 2021. Pembuatan sponge cake dan pengujian rendemen dilakukan di Laboratorium divisi telur Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pengujian gula reduksi dan warna dilakukan di Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Materi dalam penelitian ini adalah sponge cake yang dibuat dari telur segar, gula, margarin, tepung terigu serta tepung daun stevia. Metode penelitian ini menggunakan percobaan laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan penggunaan tepung daun stevia adalah P0 (tanpa penambahan tepung daun stevia), P1 (penambahan 2% tepung daun stevia), P2 (penambahan 4% tepung daun stevia), P3 (penambahan 6% tepung daun stevia). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah gula reduksi, rendemen dan warna LAB. Data yang diperoleh dari hasil penelitian akan dianalisis menggunakan analisa ragam (ANOVA), apabila terdapat perbedaan pengaruh, selanjutnya dianalisis menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun stevia pada pembuatan sponge cake memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap gula reduksi, rendemen dan warna LAB. Nilai rataan gula reduksi (%) 2,74-8,15, rendemen (%) 72,33-73,44, warna L 36,07-65,90, warna a* 1,55-4,04, warna b* 25,88-45,79. Penambahan tepung daun stevia sebanyak 6% menghasilkan sponge cake terbaik ditinjau dari gula reduksi, rendemen dan warna a*. Saran dari penelitian ini perlu dilakukan pengujian daya simpan serta uji mikrobiologi dari sponge cake dengan penambahan 6% tepung daun stevia.

English Abstract

The objective of this research was to determine the best percentage of the used of sweetener stevialeaf powder as a natural sweeteners on the sponge cake based on reduced sugar, yield and color. The materials used were fresh egg, wheat flour, sugar, margarineand stevia leaf powder. The method was used experimental laboratory using a completely randomized design with four treatments and four replications were without stevialeaf powder as a control, 2%, 4%, 6% of the stevia leaf powder. The variables measures were reduced sugar, yield and color. The data were analyzed using analysis of varians and if there were significant effect continued by Duncan’s Multiple Range Test or DMRT. The result showedthat the treatment using stevialeaf powder gave highly significant effect (P<0.01) on reduced sugar, yield and color of sponge cake. The mean value of reduced sugar 2.74-8.15%, yield 72.33-73.44%, color L 36.07-65.90, color a* 1.55-4.04, and color b* 25.88-45.79. It can be concluded that the sponge cake with used stevia leaf powder as much as 6% gave the best sponge cake results based on reduced sugar, yield, and color L, a*, and b*.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522050036
Uncontrolled Keywords: Sponge cake, natural sweeteners, stevia leaf powder
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 May 2022 02:28
Last Modified: 11 May 2022 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190336
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jauharotun Nurus Sa'adah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item