Pengaruh Kualitas Pelayanan SIM Terhadap Kepuasan Masyarakat

Pradana, Shiena Kharisma and Firda Hidayati, S.Sos, MPA., DPA and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan SIM Terhadap Kepuasan Masyarakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik dapat didefinisikan sebagai suatu proses pemenuhan kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat oleh pegawai pemerintah, khususnya instansi-instansi maupun organisasi-organisasi yang bertanggungjawab terhadap pelayanan masyarakat. Apa yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat adalah kualitas pelayanan yang baik. Ketika kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik sudah baik, maka akan tercapai kepuasan masyarakat. Penelitian ini membahas mengenai kepuasan masyarakat di SATPAS Polresta Malang Kota yang menjadi tolak ukur kepuasan masyarakat dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh SATPAS Polresta Malang Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Polresta Malang Kota. Sumber data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada para pemohon SIM yang memenuhi syarat sebagai responden, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumendokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti kuesioner, dan alat bantu lainnya. Hasil analisis pengujian hipotesis secara simultan dan parsial dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat terkait dengan pelayanan SIM di SATPAS Polresta Malang Kota. Selain itu, kualitas pelayanan menunjukkan hubungan yang kuat dengan kepuasan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai koefisien korelasi sebesar 0,776 karena apabila hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan angka 0,60 sampai dengan 0,799 artinya hubungan antara kedua variabel adalah kuat. Dan diperoleh juga nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.

English Abstract

Public service can be defined as a process of fulfilling the needs, desires, and expectations of the public by government employees, especially agencies and organizations that are responsible for public services. What must be considered and done by public service providers in meeting the needs, desires, and expectations of the public is good service quality. When the quality of services provided by public service providers is good, public satisfaction will be achieved. This study discusses public satisfaction in the Malang City Police Driver License Administration Unit which is the benchmark for public satisfaction can be seen from the quality of services provided by the Malang City Police Driver License Administration Unit. This study uses descriptive research with a quantitative approach located in Malang City, while the site is located in the Malang City Police Driver License Administration Unit. Primary data sources were obtained from distributing questionnaires to driver license applicants who met the requirements as respondents, while secondary data were obtained from documents related to the research topic. Data collection techniques through the distribution of questionnaires and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as questionnaires, and other tools. The results of the analysis of simultaneous and partial hypothesis testing can be seen that the service quality variable (X) has a significant effect on public satisfaction related to SIM services at the Malang City Police Driver License Administration Unit. In addition, service quality shows a strong relationship with public satisfaction. This is evidenced by the results of the calculation of the correlation coefficient value of 0.776 because if the results of the calculation of the correlation coefficient show the numbers 0.60 to 0.799, it means that the relationship between the two variables is strong. And also obtained the value of sig. (2-tailed) 0.000 <0.05 then it has a positive and significant relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030311
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, SIM , Service Quality, Public Satisfaction, Driver License
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 May 2022 03:30
Last Modified: 10 May 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190308
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shiena Kharisma Pradana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item