Rahnita Perdani, Rahnita and Wike, S.Sos., M.Si, DPA and Aulia Puspaning Galih, S.IIP., MS (2022) Peran Komunikasi publik untuk Meningkatkan Kerja sama dalam Jaringan Perpustakaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunikasi Publik adalah upaya pembuatan, penyebaran dan penggunaan informasi dan pengetahuan. Implementasi dilakukan di Indonesia pada Ketiga sektor yaitu Pemerintah, Swasta dan Organisasi Nonprofit. Hal ini diketahui melalui optimalisasi perpustakaan yang dimiliki. Upaya optimalisasi dilakukan sebagai usaha memenuhi kebutuhan pemustaka dengan bekerja sama dalam jaringan perpustakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bentuk Kerja sama Ruang Belajar Aqil dalam menjalankan komunikasi publik untuk meningkatkan Kerja sama dalam jaringan perpustakaan, untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi publik dalam meningkatkan Kerja sama dalam Jaringan Perpustakaan. Penelitian yang dilakukan berjenis Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif dan Model Analisis Creswell tahun 2016. Hasil penelitian diketahui melalui wawancara tujuh peran informan, dua kali observasi Ruang Belajar Aqil dan observasi media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Kerja sama Perpustakaan yang diimplementasikan serupa yaitu Layanan Ekstensi, Layanan Gelar Baca dan Pemberdayaan Masyarakat. Kerja sama yang di kreasikan yaitu Donasi Buku dan Bahan Literasi, Berbagi pengetahuan dan Kolaborasi Kerelawanan dan Bentuk Kerja sama yang belum diimplementasikan yaitu Kerja sama penyusunan dan pengembangan katalog induk, katalog penyimpanan, pertukaran publikasi dan penyediaan fasilitas. Selain itu, Kerja sama Ruang Belajar Aqil mengalami peningkatan dari tahun 2018 sampai tahun 2020 karena peran komunikasi publik secara langsung dan melalui media. Faktor pendukung proses komunikasi publik Ruang Belajar Aqil yaitu komunikator, pesan nonverbal, sasaran dan efek komunikasi publik secara langsung dan melalui media. Sedangkan faktor penghambat yaitu pengirim, pesan verbal, dan khalayak. Kesimpulan penelitian, Kerja sama dalam jaringan perpustakaan Ruang Belajar Aqil terlaksana dalam enam bentuk dan mengalami peningkatan akibat pengaruh komunikasi publik serta diketahui jenis unsur termasuk faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan Kerja sama dalam jaringan perpustakaan.
English Abstract
Public Communication is the creation, dissemination and use of information and knowledge. Implementation is carried out in Indonesia in three sectors, namely Government, Private and Nonprofit Organizations. This is known through the optimization of the library owned. Optimization efforts are carried out as an effort to meet the needs of users by collaborating in the library network. The purpose of this research is to find out and describe the form of Ruang Belajar Aqil Cooperation in carrying out public communication to improve cooperation in the library network, to describe and analyze what are the supporting and inhibiting factors of the public communication process in increasing collaboration in the library network. The research conducted is descriptive type with a qualitative approach and Creswell Analysis Model in 2016. The results of the research are known through interviews of seven informant roles, two observations of the Ruang Belajar Aqil and observations of social media. The results showed that the forms of library collaboration that were implemented were similar, namely Extension Services, Reading Degree Services and Community Empowerment. The collaborations that have been created are Donation of Books and Literacy Materials, Knowledge Sharing and Volunteer Collaboration and Forms of Cooperation that have not been implemented, namely Cooperation in the preparation and development of master catalogs, storage catalogs, exchange of publications and provision of facilities. In addition, the Ruang Belajar Aqil collaboration has increased from 2018 to 2020 due to the role of public communication directly and through the media. Factors supporting the process of public communication in the Ruang Belajar Aqil are communicators, nonverbal messages, target, and effects of public communication directly and through the media. While the inhibiting factors are the sender, the verbal message, and the audience. The conclusion of the study is that collaboration in the Ruang Belajar Aqil library network is a service category to users and the supporting factors of public communication are more influential than the inhibiting factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030014 |
Uncontrolled Keywords: | Kerja sama, Perpustakaan, Ruang Belajar Aqil, Komunikasi, Komunikasi Publik,Cooperation, Library, Ruang Belajar Aqil, Communication, Public Communication |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 May 2022 06:25 |
Last Modified: | 09 May 2022 06:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190295 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahnita Perdani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |