Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Surat Keteranganelektronik

Ningtyas, Desi Aprilia and Dr. Drs. Siswidiyanto, . M.S. and Dr. Moh Said,, S.Sos, M.AP (2021) Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Surat Keteranganelektronik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini peneliti lakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah studi kasus pada Inovasi Layanan E-Suket di Kelurahan Kota Kediri mendapatkan kepuasan di masyarakat sebagai upaya peningkatan pelayanan pemerintah kelurahan di Kota Kediri, dalam merubah system pelayanan publik secara offline menjadi system pelayanan publik secara online. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 9 unsur indikator untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan E-Suket di Kelurahan Kota Kediri. Berikut merupakan 9 Indikatornya: Persyaratan, Prosedur Pelayanan, waktu pelayanan, biaya dan tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksanaan, perilaku pelaksanaan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta sarana prasarana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat puas terhadap pelayanan E-Suket yang diberikan oleh pemerintah untuk memudahkan pelayanan dalam berbasis e-government pada layanan penggunaan surat keterangan elektronik ( E-Suket ) di kelurahan kota kediri. Masyarakat juga dibuat untuk lebih mengerti dan lebih memahami teknologi informasi di dalam kehidupan untuk memudahkan pelayanan – pelayanan yang nantinya akan berbasis online oleh pemerintah. Dengan adanya sistem ini pelayanan E-Suket ini masyarakat bisa melakukan permohonan pembuatan surat kapan saja dan dimana saja. Namun dalam penerapan pelayanan berbasis E-suket ini, masih terdapat kurangnya kesadaran masyarakat tentang teknologi informasi dalam penggunaan aplikasi E-suket. Untuk itu pemerintah harus lebih sigap lagi dalam membimbing masyarakat yang belum sadar tentang internet agar pelayanan E-suket secara online bisa berjalan dengan baik.

English Abstract

This research was conducted by the authors with the aim of knowing whether the case study on E-Suket Service Innovation in Kediri City Village got satisfaction in the community as an effort to improve village government services in Kediri City, in changing the offline public service system into an online public service system. In this study, the authors used 9 indicator to measure people's satisfaction with E-Suket services in Kediri City Village. The following are the 9 indicators: Requirements, Service Procedures, service time, costs and tariffs, product specifications for types of services, implementation competencies, implementation behavior, handling complaints, suggestions and inputs as well as infrastructure. The results of this study indicate that the community is satisfied with the E-Suket service provided by the government to facilitate e-government-based services in the service of using electronic certificates (E-Suket) in the urban village of Kediri. The public is also made to understand and better understand information technology in life to facilitate services which will later be based online by the government. With this system, the E-Suket service can make requests for letters anytime and anywhere. However, in the application of this E-suket-based service, there is still a lack of public awareness about information technology in the use of E-suket applications. For this reason, the government must be more alert in guiding people who are not aware of the internet so that online E-suket services can run well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030281
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Layanan Surat Kepuasan Elektronik, E-Suket, egovernment,Satisfaction, Electronic Satisfaction Letter Service, E-Suket, egovernment
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:59
Last Modified: 26 Apr 2022 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190163
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DESI APRILIA NINGTYAS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item