Analisis Kinerja Pegawai Dalam Rangka Pelayanan Publik Berbasis E- Government

Sulistyono, Dadang and Dr. Drs. Siswidiyanto,, MS., (2022) Analisis Kinerja Pegawai Dalam Rangka Pelayanan Publik Berbasis E- Government. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja pegawai yang baik dalam melakukan pelayanan adalah harapan dari masyarakat dalam memperoleh pelayanan. Dalam memberikan pelayanan yang baik Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri sebagai lembaga hukum yang bertanggungjawab dalam pemberian layanan hukum telah menerapkan sistem pelayanan berbasis e-government sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Hal ini terlihat dalam penggunaan sistem pelayanan perkara melalui sistem Case Management System (CMS). Adanya pelayanan berbasis e-government ini menyebabkan adanya perubahan kinerja yang dilakukan oleh pegawai dalam melakukan pelayanan perkara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah kinerja pegawai dalam melakukan pelayanan serta mendeskripsikan upaya dan hambatan yang di lakukan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan peneliti diperoleh dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pegawai dalam melakukan pelayanan mengalami perkembangan yang baik di ukur dari segi kuantitas dan juga kualitas. Kuantitas kinerja yang dilakukan pegawai dalam proses pelayanan perkara dengan menggunakan sistem Case Management System (CMS) lebih meringankan pegawai dalam menyelesaikan tugasnya. Kualitas kinerja yang dilakukan pegawai dalam proses pelayanan perkara menjadi lebih baik lagi, dimana dalam menyelesaikan pekerjaannya pegawai dapat menyelesaikan dengan lebih efektif dan efisien. Kesimpulannya dengan memanfaatkan teknologi informasi ini sangat mempermudah pegawai dalam proses pelayanan perkara, sehingga pelayanan yang dilakukan oleh pegawai dapat menjawab tuntutan masyarakat untuk dapat menerima pelayanan publik yang lebih mudah dan cepat. Kejaksaan juga berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik dengan melakukan perbaikan baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana. Namun masih terdapat beberapa hambatan yang dihadapi dalam menjalankan pelayanan perkara berbasis E-Government antara lain terkendalanya sistem yang masih berkembang dan belum adanya pelatihan dan pendidikan untuk pegawai.

English Abstract

Good employee performance in providing services is the hope of the community in obtaining services. In providing good service, the Kediri District Attorney's Office as a legal institution responsible for providing legal services has implemented an egovernment- based service system in accordance with Presidential Regulation No. 95 of 2018 concerning Electronic-Based Government Systems. This can be seen in the use of the case service system through the Case Management System (CMS). The existence of this e-government-based service causes changes in the performance of employees in carrying out case services. This study aims to describe how the performance of employees in providing services and to describe the efforts and obstacles that were carried out to improve public services at the Kediri District Attorney's Office. This study uses a descriptive method using a qualitative research approach. Data collection techniques were carried out by interview, observation and documentation. The data used by the researcher was obtained from the Kediri District Attorney's Office. This study uses data analysis using analytical techniques proposed by Miles, Huberman and Saldana. Based on the results of the study showed that the performance of employees in providing services experienced good developments measured in terms of quantity and quality. The quantity of performance carried out by employees in the case service process using the Case Management System (CMS) makes it easier for employees to complete their duties. The quality of performance carried out by employees in the case service process is even better, where in completing their work employees can complete more effectively and efficiently. In conclusion, by utilizing this information technology, it is very easy for employees in the case service process, so that the services provided by employees can answer the demands of the community to be able to receive public services that are easier and faster. The Prosecutor's Office also seeks to improve public services by making improvements both in terms of human resources and facilities and infrastructure. However, there are still several obstacles faced in carrying out E-Government-based case services, including the constraints of a system that is still developing and the absence of training and education for employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030001
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik, E-Government,Employee Performance, Public Service, E-Government
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:21
Last Modified: 26 Apr 2022 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190153
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dadang Sulistyono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item