Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Bedengan Malang Pasca Revitalisasi).

Kalsum, Aninda Laksita and Lusy Deasyana Rahma Devita,, S.AB., M.AB. (2021) Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Bedengan Malang Pasca Revitalisasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan signifikansi dari pengaruh atribut produk wisata terhadap keputusan berkunjung pada pengunjung Wisata Bedengan pasca revitaliasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Untuk mengukur atribut produk wisata dalam penelitian ini terdapat 3 variabel, yaitu daya Tarik Wisata (X1), fasilitas (X2), aksesibilitas (X3). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Wisata Bedengan pasca revitalisasi dengan sampel sebanyak 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai F hitung yang didapat adalah sebesar 55,623 dengan nilai signifikansi sebesar (0,000) < α = 0,05. Nilai adjusted R (koefisien determinasi) dalam penelitian ini sebesar 0,588 yang berarti bahwa variabel bebas mempengaruhi sebesar 58,8% variabel keputusan berkunjung (Y). Secara parsial variabel daya tarik wisata (X1) menunjukan nilai signifikansi t sebesar (0,000), variabel fasilitas (X2) menunjukan nilai signifikansi t sebesar (0,044), dan variabel aksesibilitas (X3) menunjukan nilai signifikansi t sebesar (0,002). Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data tersebut adalah atribut produk wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung baik secara simultan maupun parsial.

English Abstract

The purpose of this study is to determine and explain the significance of the influence of tourism product attributes on decisions for visitors to Wisata Bedengan after revitalization. The type of research used in this research is explanatory research and the method used in this research is quantitative. To measure the attributes of tourism products in this study, there are 3 variables, namely tourist attraction (X1), facilities (X2), accessibility (X3). The population in this study were visitors to Wisata Bedengan after the revitalization with a sample of 116 respondents. The sampling technique used is probability sampling. The data collection method used in this study was a questionnaire. The data analysis used in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the calculated F value obtained is 55.623 with a significance value of (0.000) < = 0.05. The adjusted value of R (coefficient of determination) in this study is 0.588, which means that the independent variable affects 58.8% of the visiting decision variable (Y). Partially, the tourist attraction variable (X1) shows a t significance of 0.000, the facility variable (X2) shows a t significance of 0.044, and the accessibility variable (X3) shows a t significance of (0.002). The conclusion based on the results of the data analysis is that tourism product attributes have a significant effect on visiting decisions both jointly and partially.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030263
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:20
Last Modified: 25 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190117
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
aninda laksita kalsum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item