Upaya Peningkatan Kualitas Pada Produk Shuttlecock Menggunakan Metode Six Sigma Di UKM Rachmat Jaya Shuttlecock

Noor, Nindya Herlyza and Dr.Eng Oke Oktavianty, S.Si., MT. (2021) Upaya Peningkatan Kualitas Pada Produk Shuttlecock Menggunakan Metode Six Sigma Di UKM Rachmat Jaya Shuttlecock. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas adalah kunci untuk meraih keberhasilan bagi sebuah industri supaya mampu bersaing serta menguasi pasar. UKM Rachmat Jaya merupakan industri yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi shuttlecock. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan pihak ukm, bahwa masih banyak ditemukan cacat produk pada shuttlecock, diantaranya yang sering ditemukan adalah jenis cacat batang bulu rusak, penjahitan antar bulu lepas, dan keseimbangan laju shuttlecock goyah. Salah satu metode yang dapat mengatasi cacat produk yaitu metode six sigma. Dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan dalam six sigma, yaitu define, measure, analyze dan improve. Dari perhitungan yang telah dilakukan, dapat diketahui nilai dari DPMO sebesar 44.080,1457, dan nilai level sigma sebesar 3,2. Pada penelitian ini juga menggunakan failure mode and effect analysis (FMEA) yang digunakan untuk mengetahui nilai risk priority number (RPN) pada setiap potensi penyebab kegagalan. Setelah dilakukan observasi dan wawancara didapatkan beberapa penyebab potensi dari jenis cacat batang bulu rusak dan penjahitan antar bulu lepas. Pada jenis cacat batang bulu rusak disebabkan oleh bulu menjadi kotor/berserabut yang memiliki nilai RPN 90, untuk jenis cacat penjahitan antar bulu lepas disebabkan oleh pengeleman tidak merata dengan nilai RPN 144 serta hasil jahitan miring tidak simetris memiliki nilai RPN 275. Maka usulan perbaikan yang dapat disarankan dari hasil penelitian untuk mengurangi jumlah cacat agar meningkatkan kualitas produk yaitu membuat jadwal maintenance berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi, pembuatan daftar riwayat mesin, pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) pekerja pada proses pencucian bulu, proses pengeleman serta proses penjahitan bulu, membuat papan peringatan untuk mesin pencucian dan mesin jahit, dan yang terakhir melakukan penambahan model training yang diinginkan operator dalam perkembangan dengan model perkembangan kemampuan yang selanjutnya akan diperbandingkan dengan kemampuan yang dimiliki dengan mengisi sebuah form yang berisi untuk peningkatan operator sendiri serta penilaian dengan menggunakan sheet evaluasi.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070313
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Six Sigma, DMAIC, FMEA , Produk defect Shuttlecock
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:22
Last Modified: 31 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190056
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175060707111040 - NINDYA HERLYZA NOOR.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item