-, Dr.Ir. HARTATI KARTIKANINGSIH , M.Si. (2020) Analisis Efektivitas Sistem Pemasaran UKM Anugerah Mina Lestari Menggunakan Media Sosial Facebook. Journal of Aquaculture and Fish Health (jafh), 9 (1).
Abstract
Di era digital saat ini, suatu usaha tidak akan bisa terlepas dari pemasaran secara digital, hal ini sesuai dengan penjelasan perkembangan teknologi. Keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia menjadi faktor pendorong dalam terciptanya pembangunan ekonomi nasional, karena dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Tingginya penggunaan media sosial terutama facebook di Indonesia, mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan media sosial tersebut sebagai media pemasaran. Hal ini juga yang dilakukan oleh UKM Anugerah Mina Lestari. Tujuan penelitian ini mengkaji Efektivitas Sistem Pemasaran UKM Anugerah Mina Lestari Menggunakan Media Sosial Facebook. Penelitian menggunakan EPIC Model yang melibatkan 40 sampel. Sampel merupakan bagian dari populasi pembeli produk dari UKM Anugerah Mina Lestari. Efektivitas sistem pemasaran UKM Anugerah Mina Lestari melalui media sosial facebook yang dianalisis menggunakan EPIC Model dengan empat variabel (Empathy, Persuasion, Impact, Communication), menunjukkan hasil EPIC Rate sebesar 2,943 yang berarti bahwa sistem pemasaran UKM Anugerah Mina Lestari melalui media sosial facebook dapat dinilai efektif.
English Abstract
This time, in the digital era, a business cannot be separated from digital marketing; this is by the explanation of technological developments. The existence of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Indonesia is a driving factor in the creation of national economic development because it can spur economic growth. The high use of social media, especially Facebook in Indonesia, encourages business people to use social media as marketing media. Anugerah Mina Lestari SMEs also do this. The purpose of this study is to examine the *Correspondence : linaasmara@ub.ac.id Received : 2019-09-13 Accepted : 2019-10-25 Kata Kunci : EPIC Model, UKM, Analisis Efektivitas, Facebook Keywords : EPIC Model, SMEs, Effectiveness Analysis, Facebook Journal of Aquaculture and Fish Health Vol. 9(1) - February 2020 DOI : 10.20473/jafh.v9i1. 15292 https://e-journal.unair.ac.id/JAFH 12 Wati et al. (2020) effectiveness of the Anugerah Mina Lestari SME Marketing System Using Facebook Social Media. The research used the EPIC Model, which involved 40 samples. The sample is part of the population of product buyers from Anugerah Mina Lestari SMEs. The effectiveness of the Anugerah Mina Lestari SME marketing system through Facebook social media was analysed using the EPIC Model with four variables (Empathy, Persuasion, Impact, Communication). It showed an EPIC Rate of 2.943, which means that the Anugerah Mina Lestari SME's marketing system through Facebook social media can be assessed adequately.
Item Type: | Article |
---|---|
Identification Number: | 10.20473/jafh.v9i1. |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 01:48 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190018 |
Actions (login required)
View Item |