Analisis Jalur Untuk Mengidentifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Platform Tokopedia

Chrismanata, Tobias Surya and Maria Bernadetha Theresia Mitakda, Dr. Ir. (2021) Analisis Jalur Untuk Mengidentifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Platform Tokopedia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis jalur adalah teknik multivariat yang menganalisis hubungan sebab akibat pada regresi berganda jika peubah endogen mempengaruhi peubah eksogen, tidak hanya secara langsung tetapi juga tidak langsung. Minat masyarakat untuk membeli dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan analisis jalur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dagang elektronik pada platform Tokopedia dengan peubah eksogen kualitas pelayanan, citra perusahaan dan pengalaman berbelanja online, peubah perantara kepercayaan pelanggan, serta peubah eksogen minat beli. Data didapat dari penyebaran kuesioner menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian adalah peubah kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepercayaan pelanggan dapat menjelaskan 67.34% minat beli mahasiswa FMIPA Univesitas Brawijaya. Faktor yang paling berpengaruh pada minat beli adalah kepercayaan pelanggan, yaitu 70.5%. Setelah melalui proses trimming, diketahui bahwa peubah pengalaman berbelanja online tidak berpengaruh nyata terhadap minat beli, baik secara langsung maupun tidak langsung.

English Abstract

Path analysis is a multivariate technique that analyzes the causal relationship in multiple regression if the predictor variable affects the eksogen variable, not only directly but also indirectly. Public interest in buying is influenced by many factors, either directly or indirectly. Therefore, this study uses path analysis. The purpose of this study was to determine the factors that influence consumer buying interest in electronic commerce on the Tokopedia platform with service quality response variables, company image and online shopping experience, intermediary variables for customer trust, and eksogen variables for buying interest. Data obtained from the distribution of questionnaires using purposive sampling. The results of the study are the variables of service quality, company image and customer trust can explain 67.34% of students' buying interest in FMIPA Universitas Brawijaya. The most influential factor on buying interest is customer trust, which is 70.5%. After going through the trimming process, it is known that the online shopping experience variable has no significant effect on buying interest either directly or indirectly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521090019
Uncontrolled Keywords: Analisis Jalur, Minat Beli Online, Toko Online- Tokopedia. Online Buying Interest, Online Shop-Tokopedia, Path Analysis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:34
Last Modified: 18 May 2022 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189966
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165090501111035 - Tobias Surya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item