Manajemen Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 1 Kalipare

Lestari, Fitria Indah and Firda Hidayati, S.Sos., MPA, DPA, and Taufiq Akbar Al fa’jri, , SS., M.Pd (2021) Manajemen Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 1 Kalipare. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen pembelajaran Blended Learning pada masa pandemi Covid-19 merupakan proses pembelajaran yang dilakukan secara online dan tatap muka. SMPN 1 Kalipare merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran Blended Learning. Penyebutan pembelajaran tatap muka yaitu konsultasi mata pelajaran, karena pelaksanaannya terbatas dan pada saat pembelajaran tatap muka tidak seperti pembelajaran tatap muka sebelum adanya pandemi Covid-19. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis mengenai proses pembelajaran dan berbagai faktor pendorong dan faktor penghambat pembelajaran Blended Learning yang diterapkan oleh SMPN 1 Kalipare pada masa pandemi Covid- 19 tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan informan beberapa warga SMPN 1 Kalipare. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu masih banyak siswa yang tidak aktif saat pembelajaran, sehingga aspek pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan siswa juga terbatas, disamping itu aspek evaluasi siswa cukup baik terutama dalam hal kesopanan dalam bermain sosial media. Karena guru dapat langsung menegur siswa yang bertindak kurang baik, baik pada saat pembelajaran tatap muka konsultasi maupun pembelajaran daring. Perlunya penekanan pada metode pembelajaran yang digunakan guru, telah dibentuknya tim khusus untuk memantau pembelajaran siswa, akses sinyal di beberpa tempat masih minim. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu untuk pemerintah agar lebih memperluas akses sinyal diberbagi daerah di Indonesia, untuk guru sebaiknya lebih memperdalam penggunaan metode yang dapat membuat siswa semangat untuk belajar online, untuk siswa agar dapat lebih menyadari pentingnya keaktifan dan semangat dalam belajar. Sehingga ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa dapat maksima

English Abstract

Blended learning management during the Covid-19 pandemic is a learning process that is carried out online and face-to-face. SMPN 1 Kalipare is one of the schools that implements Blended Learning. The mention of face-to-face learning is subject consultation, because the implementation is limited and during face-to-face learning it is not like face-to-face learning before the Covid-19 pandemic. This study aims to identify, describe and analyze the learning process and the various driving and inhibiting factors for Blended Learning applied by SMPN 1 Kalipare during the Covid- 19 pandemic. This type of research is qualitative, with several informants from SMPN 1 Kalipare. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results of this study are that there are still many students who are not active during learning, so the aspects of knowledge and skills obtained by students are also limited, besides that the aspect of student evaluation is quite good, especially in terms of politeness in playing social media. Because the teacher can immediately reprimand students who act unfavorably, both during face-to-face learning, consultations and online learning. The need for emphasis on the learning methods used by teachers, a special team has been formed to monitor student learning, signal access in some places is still minimum. Suggestions given by researchers are for the government to further expand signal access in various regions in Indonesia, for teachers it is better to deepen the use of methods that can make students excited to learn online, for students to be more aware of the importance of activeness and enthusiasm in learning. So that the knowledge, skills and attitudes obtained by students can be maximized

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030233
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Blended Learning.,Management, Learning, Blended Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:08
Last Modified: 24 Feb 2022 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189864
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030901111001 - fitria indah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item