Efektivitas Pembelajaran Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Di Smkn 2 Kota Malang)

Wildenowi, Alya Rosa and Ainul Hayat,, Dr. S.Pd, M.S and a Abdul Aziz,, S.AP, M.AP, (2021) Efektivitas Pembelajaran Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Di Smkn 2 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang memiliki peran penting untuk menunjang masa depan. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, warga negara yang berhak mendapatkan pendidikan bukan hanya mereka yang normal secara fisik dan mental, melainkan mereka yang memiliki kelainan baik secara fisik maupun mental atau biasa disebut Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). SMKN 2 kota Malang merupakan salah satu sekolah pertama yang menerapkan pendidikan inklusi sejak tahun 2010 yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan kota Malang untuk menyelenggarakan pendidikan inklusi. Adanya Pandemi Covid-19 ini, tentunya aktivitas siswa di sekolah menjadi sedikit terhambat karena pembelajaran hanya dilakukan dari rumah saja. Dalam penelitian ini, peneliti telah meneliti berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus SMKN 2 kota Malang di Masa Pandemi COVID 19. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi serta kendala yang dihadapi oleh SMKN 2 Kota Malang dalam pelaksanaan pembelajarannya di masa pandemi COVID 19, baik oleh siswa, guru, orangtua/wali siswa dan juga koordinator pendidikan inklusi yang ada di SMKN 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data, menggunakan teknik “Analysis Interactive Model” dari Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa, metode pembelajaran online di SMKN 2 Kota Malang saat masa pandemi ini diterapkan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik. Terkait dengan media pembelajaran online, SMKN 2 Kota Malang menggunakan media online salah satunya adalah M-Class. Kemampuan para guru SMKN 2 Kota Malang dalam mengimbangi metode dan media pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 telah mumpuni. Terkait dengan aktivitas para siswa selama mengikuti pembelajaran online, diketahui bahwa para siswa ABK cukup aktif mengikuti pembelajaran online. Serta untuk evaluasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SMKN 2 Kota Malang tetap sama dengan siswa regular pada umumnya. Selanjutnya untuk kendala diantaranya: sebagian orangtua siswa masih awam dengan penggunaan komputer; perbedaan kemampuan antara individu; jaringan internet; keterbatasan guru menilai kondisi psikis siswa; materi susah dipahami siswa ABK; pemberian tugas yang dirasa terlalu banyak oleh siswa ABK; terlalu lama pelaksanaan pembelajaran online, membuat siswa menjadi bosan dan malas

English Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang memiliki peran penting untuk menunjang masa depan. Berdasarkan Undang-Undang tersebut, warga negara yang berhak mendapatkan pendidikan bukan hanya mereka yang normal secara fisik dan mental, melainkan mereka yang memiliki kelainan baik secara fisik maupun mental atau biasa disebut Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). SMKN 2 kota Malang merupakan salah satu sekolah pertama yang menerapkan pendidikan inklusi sejak tahun 2010 yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan kota Malang untuk menyelenggarakan pendidikan inklusi. Adanya Pandemi Covid-19 ini, tentunya aktivitas siswa di sekolah menjadi sedikit terhambat karena pembelajaran hanya dilakukan dari rumah saja. Dalam penelitian ini, peneliti telah meneliti berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan inklusi terhadap siswa berkebutuhan khusus SMKN 2 kota Malang di Masa Pandemi COVID 19. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi serta kendala yang dihadapi oleh SMKN 2 Kota Malang dalam pelaksanaan pembelajarannya di masa pandemi COVID 19, baik oleh siswa, guru, orangtua/wali siswa dan juga koordinator pendidikan inklusi yang ada di SMKN 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data, menggunakan teknik “Analysis Interactive Model” dari Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa, metode pembelajaran online di SMKN 2 Kota Malang saat masa pandemi ini diterapkan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik. Terkait dengan media pembelajaran online, SMKN 2 Kota Malang menggunakan media online salah satunya adalah M-Class. Kemampuan para guru SMKN 2 Kota Malang dalam mengimbangi metode dan media pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 telah mumpuni. Terkait dengan aktivitas para siswa selama mengikuti pembelajaran online, diketahui bahwa para siswa ABK cukup aktif mengikuti pembelajaran online. Serta untuk evaluasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SMKN 2 Kota Malang tetap sama dengan siswa regular pada umumnya. Selanjutnya untuk kendala diantaranya: sebagian orangtua siswa masih awam dengan penggunaan komputer; perbedaan kemampuan antara individu; jaringan internet; keterbatasan guru menilai kondisi psikis siswa; materi susah dipahami siswa ABK; pemberian tugas yang dirasa terlalu banyak oleh siswa ABK; terlalu lama pelaksanaan pembelajaran online, membuat siswa menjadi bosan dan malas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030232
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19.,Inclusive Education, Children Autism, Online Learning, Covid-19 Pandemic.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:33
Last Modified: 24 Feb 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189858
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030901111008 - Alya Rosa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item