Analisis Inovasi Ngalam Command Center Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan E-Government Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang)

Jihan Andrianasari Sunardianto and Dr.Drs. Muhammad Shobaruddin, ,MA and Drs. Romula Adiono, M.AP (2021) Analisis Inovasi Ngalam Command Center Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan E-Government Kota Malang (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi Pelayanan Publik menurut Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 merupakan inovasi dalam penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi proses pemberian pelayanan barang/jasa publik dan inovasi jenis dan bentuk barang/jasa publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang membentuk sebuah inovasi progam yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat salah satu nya di bidang kedaruratan. Pada tahun 2017 inovasi progam Ngalam Command Center dibentuk di Kota Malang. Ngalam Command Center ini merupakan pusat layanan di lingkungan Kota Malang yang dapat langsung berhubungan dengan masyarakat yang berisi seluruh perangkat daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan untuk situsnya berada di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri serta alat penunjang seperti pedoman wawancara, handphone, serta alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan inovasi progan Ngalam Command Center oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang belum berjalan dengan maksimal diakrenakan masih ditemukannya gap antara teori proses pengembangan inovasi dengan proses pengembangan inovasi progam Ngalam Command Center pada bagian riset dasar. Namun inovasi progam Ngalam Command Center ini masih berjalan dengan baik. Ngalam Command Center telah berjalan secara efektif berdasarkan keempat indikator yaitu ketetapan sasaran progam, sosialisasi progam, keberhasilan tujuan progam, dan pemantauan progam. Dalam pembentukan progam Ngalam Command Center ini terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung progam Ngalam Command Center ini berasal dari modal manusia yaitu keuletan dari para anggota pelaksana Ngalam Command Center dan modal kepemimpinan yaitu dari kepala daerah Kota Malang yang membuat progam ini terbentuk. Dan untuk faktor penghambat berasal dari sumber internal yang dimana adalah tenaga kerja di pemerintah Kota Malang dan eksternal yaitu masyarakat

English Abstract

Public Service Innovation according to Article 5 of Government Regulation Number 38 of 2017 is an innovation in the provision of services to the community which includes the process of providing public goods/services and innovation in the types and forms of public goods/services. The Malang City Communication and Information Office has formed an innovative program that aims to improve the quality of public services, one of which is in the emergency sector. In 2017, the Ngalam Command Center program innovation was formed in Malang City. The Ngalam Command Center is a service center in the Malang City environment that can directly relate to the community which contains all regional apparatuses in Malang City. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach located in Malang City, while the site is located at the Malang City Communication and Information Office. Data collection techniques were carried out through observation, documentation and interviews. The research instruments used were the researchers themselves and supporting tools such as interview guides, cellphones, and other tools. The results showed that the process of developing the innovation of the Ngalam Command Center program by the Department of Communication and Information of the City of Malang had not run optimally because there was still a gap between the theory of the innovation development process and the process of developing the innovation of the Ngalam Command Center program in the basic research section. However, the Nalam Command Center program innovation is still running well. The Ngalam Command Center has been running effectively based on four indicators, namely the determination of program targets, program socialization, success of program objectives, and program monitoring. In the formation of the Ngalam Command Center program, there are supporting factors and inhibiting factors. The supporting factor for the Ngalam Command Center program comes from human capital, namely the tenacity of the implementing members of the Ngalam Command Center and leadership capital, namely from the regional head of Malang City who made this program formed. And for the inhibiting factor comes from internal sources which are the workforce in the Malang City government and external, namely the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030207
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Ngalam Command Center, Kota Malang.,Innovation, Ngalam Command Center, Malang City
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:24
Last Modified: 22 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189759
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030107111062 - JIHAN ANDRIANASARI SUNARDIANTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item