Peran Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Lamongan (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan)

Pamungkas, Riswandha Sukma and Mochamad Rozikin, Dr. Drs, MAP and Achmad Bambang Barrul Fuad, , Drs, M.Si (2021) Peran Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Lamongan (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran Dinas Koperasi dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Lamongan Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan yang telah tertuang dalam RPJMD 2021-2026 dengan prioritas kerja kepala daerah yang salah satunya adalah program pengembangan UMKM, agar semua perencanaan tercapai dengan optimal dalam mengembangkan UMKM Peran Dinas Koperasi di analisis dengan menggunakan teori dari Gede Diva (2009) melalui tiga peran pemerintah yaitu peran Pemerintah sebagai Fasilitator, Regulator, Katalisator. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Lamongan dengan situk penelitian di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis penjodohan pola dengan pola tunggal dari Robet K. Yin. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Dinas Koperasi dalam mengembangkan UMKM sudah berjalan cukup baik. Dalam mengembangkan UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro berperan sebagai fasilitator dengan memberikan sarana dan prasaran pelatihan keterampilan pelaku UMKM, menyediakan fasilitas pemasaran untuk pelaku UMKM. Pada peran regulator Dinas Koperasi menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam hal ini mengembangkan dan mengatur koperasi serta UMKM, menjaga kondisi lingkungan usaha tetap kondusif dengan menerapkan aturan bagi lingkungan usaha dapat berjalan baik dan dinamis. Pada peran katalisator Dinas Koperasi dalam mempercepat pengembangan UMKM dengan mendata untuk mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah pusat

English Abstract

The role of the Cooperative Service in developing MSMEs in Lamongan Regency The Lamongan Regency Local Government which has been stated in the RPJMD 2021- 2026 with the work priority of regional heads, one of which is the MSME development program, so that all planning is achieved optimally in developing MSMEs. The role of the Cooperative Service is analyzed using theory from Gede Diva (2009) through three roles of government, namely the role of the government as facilitator, regulator, and catalyst. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach located in Lamongan Regency with a research site at the Department of Cooperatives and Micro Enterprises, Lamongan Regency. Sources of data used are primary and secondary data sources. Data was collected by means of interviews, observations, and documentation studies. The data analysis technique used a pattern matching analysis technique with a single pattern from Robet K. Yin. The conclusions obtained from this study indicate that the role of the Cooperative Service in developing MSMEs has been going quite well. In developing MSMEs, the Cooperative and Micro Business Office acts as a facilitator by providing facilities and infrastructure for skills training for MSME actors, providing marketing facilities for MSME actors. In the regulatory role, the Cooperative Service carries out the main tasks and functions in this case developing and regulating cooperatives and MSMEs, keeping the business environment conducive by applying rules for the business environment to run well and dynamically. On the role of the Cooperative Service as a catalyst in accelerating the development of MSMEs by collecting data to obtain capital assistance from the central government.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030199
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Daerah, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Pengembangan UMKM.,The Role of Local Government, Cooperatives and Micro Enterprises Service, MSME Development
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:12
Last Modified: 22 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189748
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030101111060 - Riswandha Sukma Pamungkas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item